Inilah 4 Wabah Mematikan Mirip Corona yang Berulang Tiap 100 Tahun, Sebuah Kebetulan?


Entah sebuah kebetulan atau memang takdir, inilah 4 wabah mematikan yang terjadi setiap 100 tahun sekali. Dimana uniknya wabah ini sama-sama menyebar hampir ke seluruh dunia dengan akhiran tahun 20. Pendemi tersebut diantaranya, Marseille (1720), Wabah Kolera (1820), Flu Spanyol (1920), dan Virus Corona (2020).

Apakah ini sebuah kebetulan? meskipun nampak mustahil, nyatanya wabah 100 tahunan ini benar-benar terjadi tepat di awal tahun 2020. Hampir semua negara di dunia terjangkit virus Corona atau Covid-19 yang berasal dari kota Wuhan, China.

Dilansir dari situs Knowladgetime.net, Virus dari Wuhan, Corona merupakan virus pendemik mematikan keempat sejah tahun 1720, tepat 4 abad silam

Bahkan ada sebuah teori yang menyebutkan jika virus ini kemungkinan dibuat dan disebarkan secara sengaja oleh seseorang atau sebuah organisasi terlarang yang bertujuan untuk memusnahkan umat manusia dari muka bumi, apakah itu kelompok Freemason?.

Berikut ini bebapa daftar wabah mematikan mirip Corona yang berulang setiap 100 tahun sekali, yuk disimak :

1. Wabah Marseille (1720)

Wabah Marseille tahun 1720

Menurut sejarah wabah Marseille merupakan wabah bubonik yang berasal dari benua Eropa. Wabah ini dinamakan Marseille karena berasal dari kota Marseille, Prancis pada tahun 1720 silam, dan telah membunuh lebih dari 100.000 orang.

Meskipun begitu wabah ini diklaim dapat pulih dengan cepat sehingga tidak terlalu menggagu perekonomian pada waktu itu. Terutama ketika perdagangan Hindia-Amerika terjadi.

2. Wabah Kolera (1820)

Wabah Kolera di Indonesia

Kasus pertama wabah Kolera terjadi pada tahun 1820 dengan peta persebaran di negara-negara Asia Tenggara diantaranya, Indonesia, Thailand, Filipina dan diluar Asia Tenggara yaitu, Timur Tengah, Afrika Timur hingga pantai Mediterania.

Tercatat terdapat sekitar 100.000 kematian di Asia disebabkan oleh penyakit Kolera. Pendemik satu ini disebabkan oleh kualitas air minum yang menurun dan telah terkontaminasi oleh bakteri Vibrio Cholerae.

Beberapa ahli epidemiologi dan sejarahwan medik mengatakan bahwa penyebaran secara global bersumber dari festival ziarah Hindu Kumbh Mela di hulu Sungai Gangga.

Hingga saat kasus terakhir sembuh tercatat setidaknya terdapat sekitar 30.000 kematian yang berasal dari Bangkok, Thailand. Sedangkan di Semarang, Indonesia ada 1.225 orang. Namun hingga kini belum dapat dipastikan total kematian dari seluruh dunia.

3. Wabah Flu Spanyol (1920) 

Wabah Flu Spanyol tahun 1920

Flu Spanyol adalah pendemi Influenza yang sangat berbahaya dan mematikan. Dimana wabah ini berhasil menginfeksi lebih dari 500 juta orang hampir di seluruh dunia bahkan hingga ke Kutub Utara.

Beberapa ahli analisis mengatakan virus ini sangat mematikan karena dapat memicu badai sitokin yang mampu merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Belum lagi dengan kondisi malnutrisi, camp-medis dan rumah sakit yang sesak dan kurang bersih sehingga wabah ini cepat menyebar.

Flu Spanyol merupakan wabah pertama dari dua pendemi yang disebabkan oleh virus influenza H1N1 sebelum flu babi pada tahun 2009

4. Wabah Virus Corona (2020)

Wabah Virus Corona

Untuk keempat kalinya sebuah wabah mematikan terulang pada tahun awal tahun 2020, tepatnya berasal dari kota Wuhan, China. Meskipun dari pemerintah setempat telah menyatakan karantina terhadap Wuhan, namun nyatanya virus tersebut berhasil menyebar ke seluruh negara didunia. Tak terkecuali Indonesia.

Covid-19 merupakan virus yang sangat cepat menyebar dimana hingga saat ini tercatat telah terjadi 360,630 kasus terkinformasi dengan angka kematian mencapai 16,093 orang. Gejala utama orang yang terinfeksi Corona diantaranya, demam, batuk, sesak nafas hingga berakibat kematian.

Sedangkan di Indonesia hingga artikel ini ditulis, 23 Maret 2020, terdapat sekitar 579 kasus terkonfirmasi dengan 49 orang meninggal dan 30 sembuh. 

Itulah 4 wabah pendemik mematikan yang terjadi berulang tiap 100 tahun sekali di dunia, apakah itu sebuah kebetulan atau tidak? bagaimana menurut kamu?

Comments

  1. Kak kur saya viand ku chat di wa kok gk aktif lagi

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Cara Meningkatkan Hati Gadis di Harvest Moon Back to Nature dengan Cepat

Tips Panduan Bermain Harvest Moon Back To Nature

Daftar Barang Kesukaan Penduduk di Doraemon Story of Season