Cara Menulis (arab) Shallallahu Alaihi Wa Sallam ﷺ di Microsoft Word

cara menulis shallallahu alaihi wa sallam di word
Pada pembahasan kali ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara menulis Shallallahu alaihi Wa Sallam di Microsoft Word menggunakan tulisan arab "ﷺ" dengan cepat. Simak yuk!

Sebagai umat muslim, Shallallahu Alaihi Wa Sallam merupakan shalawat dan salam yang ditujukan kepada baginda Nabi besar Muhammad ﷺ. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam QS. Al-Ahzab ayat 56 :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” [QS. Al-Ahzab ayat 56]

Nah, sayangnya penulisan Shallallahu Alaihi Wa Sallam pada kebanyakan surat undangan atau pidato yang diketik menggunakan Microsoft Word sering kali disingkat SAW. Padahal bisa kamu ganti dengan tulisan arab, seperti ini ﷺ.

Bahkan sampai ada ulama yang berbeda pendapat tentang keabsahan menyingkat shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ. Pendapat pertama tidak membolehkan mengacu pada fatwa ulama Lajnah Ad-Daimah (Dewan Fatwa Kerajaan Arab Saudi) :

“Yang disunnahkan adalah menulisnya secara lengkap –shallallahu ‘alaihi wasallam– karena ini merupakan doa. Doa adalah bentuk ibadah, begitu juga mengucapkan kalimat shalawat ini.”

As-Suyuthi berkata dalam kitabnya Tadribur Rawi fi Syarhi Taqrib An-Nawawi:

“Dibenci menyingkat shalawat dan salam dalam penulisan, baik dengan satu atau dua huruf seperti menulisnya dengan slm3, bahkan semestinya ditulis secara lengkap.” (Majalah Asy Syari’ah/bakkah.net).

Sedangkan pendapat kedua yang membolehkan di singkat mengatakan, tidak ada nash Qur’an dan Hadits yang secara tegas (sharîh) melarang singkatan itu, sebagaimana dipaparkan Muhammad Arifin (Dewan Pakar Pusat Studi Al-Quran) sebagai berikut:

"Saya tidak menemukan nashsh –baik al-Qur’an maupuh Hadis– yang secara tegas (sharîh) melarang menyingkat tulisan subhânahu wa ta‘âlâ menjadi SWT. (atau swt.) dan shallallâhu ‘alaihi wa sallam menjadi SAW. (atau saw.). Saya juga belum menemukan nashsh yang secara tegas mengharuskan untuk menulis ucapan tersebut secara panjang apa adanya."

Dibalik kontoversi yang ada saya pribadi lebih menganjurkan untuk tidak memperpendeknya, karena shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merupakan kalimat do'a.

Oke kembali lagi ke topik, untuk pembahasan boleh tidaknya penyingkatan shalawat tidak akan saya membahas mendalam pada artikel ini. Saya akan sharing cara menulis Shallallahu alaihi Wa Sallam dan tulisan arab lainnya di Microsoft Word dengan cepat berikut ini.

TulisanCara Penulisan
Allah ﷲ Ketik FDF2 kemudian tekan tombol ALT + X
Muhammad ﷴ Ketik FDF4 kemudian tekan tombol ALT + X
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ Ketik FDFA kemudian tekan tombol ALT + X
Basmalah ﷽ Ketik FDFD kemudian tekan tombol ALT + X
Jalla Jalaluhu ﷻ
Ketik FDFB kemudian tekan tombol ALT + X
Wasalam ﷸ
Ketik FDF8 kemudian tekan tombol ALT + X
Qala ﷱ
Ketik FDF1 kemudian tekan tombol ALT + X
Jalla Jalaluhu ﷻ
Ketik FDFB kemudian tekan tombol ALT + X

Nah, itulah tadi cara singkat menulis Shallallahu alaihi Wa Sallam ﷺ di Microsoft Word. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Meningkatkan Hati Gadis di Harvest Moon Back to Nature dengan Cepat

Tips Panduan Bermain Harvest Moon Back To Nature

Naskah Pidato Singkat Perpisahan SMA dan SMK