4 Tips Mengatasi Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur

Tips Mengatasi Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur

Pembengkakan pada wajah saat bangun tidur adalah hal yang lumrah terjadi. Penyebab paling umum adalah mengonsumsi alkohol atau makanan yang memiliki kandungan garam terlalu tinggi, lalu bagaimana cara mengatasi pembengkakak pada wajah tersebut?

Pembengkakan wajah paling kentara terjadi pada pipi yaitu berbentuk lebih montok dan tampak bulat. Faktor lain yang menyebabkan wajah tampak mengembang diantaranya posisi kepala saat tidur, kelebihan lemak, alergi serta kurangnya kualitas tidur.

Wajah bengkak karena kurang tidur muncul karena terdapat gangguan hormon dalam tubuh. Itulah sebabnya orang dewasa dianjurkan untuk tidur tidak kurang dari 7-8 jam setiap harinya.

Jika kondisi tersebut terjadi pada kamu, tidak usah khawatir. Pada beberapa kasus pembengkakan seperti itu dapat hilang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat proses pengembalian wajah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.



Cara Mengatasi Bengkak pada Wajah

wajah bengkak
Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wajah bengkak setelah bangun tidur :

1. Mencuci Wajah dengan Air Dingin

Segera kompres wajah kamu dengan air dingin setelah bangun tidur. Hal itu dapat membantu mengurangi pembengkakan wajah kamu. Sebab, pada umumnya pembengkakan dapat terjadi karena terdapat penumpukan cairan darah yang dipasok ke wajah saat kamu tidur.

Nah, dengan mencuci atau mengkompres wajah dengan air dingin akan mengurangi aliran darah ke wajah sehingga bengkak tidak berlanjut.

2. Kompres Wajah dengan Air Hangat

Selain air dingin, kamu juga bisa menggunakan air panas untuk mengempeskan pembengkakan dengan cara mengompreskan atau membasuhnya. Air panas/ hangat dipercaya mampu melancarkan peredaran darah yang menumpuk di wajah akibat tidur di malam hari.

Mentimun mengandung antioksidan yang diyakini bermanfaat untuk membantu memulihkan daerah sekitar mata yang bengkak. Untuk hasil maksimal, gunakan mentimun dingin yang ditempatkan di dalam lemari es.

3. Gunakan Mentimun Segar

Jika pembengkakan ada didaerah sekitaran mata sebaiknya gunakan mentimun segar. Kandungan antioksidan pada mentimun dapat dimanfaatkan untuk membantu memulihkan bengkak diarea mata. Untuk hasil maksimal gunakan mentimun yang telah dimasukkan kedalam lemari es.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Pada umumnya air putih dapat menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh sehingga mampu mengurangi pembengkakan di wajah setelah bangun tidur. Selain itu minum air putih yang cukup juga baik untuk menghilangkan radikal bebas serta menjaga kadar cairan dalam tubuh.

Tips Agar Wajah Tidak Bengkak Lagi

Sebagai tambahan saya akan berikan beberapa tips agar wajah tidak terlihat membengkak lagi saat terbangun dari tidur, berikut diantaranya:
  • Hindari terlalu banyak minuman beralkohol
  • Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi (mie instan dan makanan kaleng)
  • Jangan menggunakan make up sebelum tidur
  • Hindari tidur dengan posisi tengkurap
  • Dianjurkan tidur dengan posisi miring kekanan dengan tangan berada dibawah pipi

Tidur dengan posisi seperti itu dapat memperlancar peredaran darah ke wajah, sehingga tidak mengalami pembengkakan. Namun jika pembengkakan yang kamu alami disertai dengan rasa nyeri, gatal, bahkan sesak napaf. Sebaiknya segera menghubungi dokter atau tenaga medis.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Meningkatkan Hati Gadis di Harvest Moon Back to Nature dengan Cepat

Tips Panduan Bermain Harvest Moon Back To Nature

Daftar Barang Kesukaan Penduduk di Doraemon Story of Season