Selama Ini Kita Salah, Berikut 5 Cara Tepat dan Praktis Menangani Mimisan

Selama Ini Kita Salah, Berikut 5 Cara Tepat dan Praktis Menangani Mimisan
cara menangani dan mengatasi mimisan
Mimisan pada umumnya terjadi ketika tubuh mengalami kelelahan, tidak cukup tidur, stress, atau terkena hantaman keras pada area hidung. Sebab, hidung memiliki banyak pembuluh darah kecil yang sangat rapuh. Mimisan sendiri dapat menimpa siapapun baik anak-anak maupun dewasa. Namun tahukah kamu bagaimana cara menangani mimisan dengan tepat? simak ulasan berikut.

Pecahnya pembuluh darah di area hidung (mimisan) terdiri dari dua jenis, yaitu anterior dan posterior. Mimisan anteroior biasanya terjadi dibagian ujung hidung, sedangkan posterior terjadi dibagian pangkal hidung.

Ada banyak cara untuk menghentikan mimisan, kebanyakan orang secara spontan berbaring atau mendongakkan kepalanya ke belakang. Sebenarnya cara demikian itu salah, malahan bisa membahayakan diri sendiri.

Lantas bagaimana penanganan yang tepat ketika kita mengalami mimisan?

Cara Tepat Mengatasi Mimisan di Hidung

Menangani Mimisan

1. Menenangkan Diri

Ketika kamu mengalami mimisan sebisa mungkin tidak panik, bersikaplah tenang dan santai. Karena jika kamu gugup, darah malah akan mengalir terus tanpa henti.

2. Condongkan Tubuh Kedepan

Selanjutnya, duduklah dengan tegak dan memposisikan tubuhmu agak condong kedepan (bukan membungkuk) untuk mencegah darah kembali masuk ke saluran pernapasan dan tertelan. Posisi duduk tegak secara medis juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah dihidung, sehingga darah yang keluar dari hidung dapat diminimalisir.

3. Tekan Cuping Hidung

Kamu juga bisa menekan bagian cuping hidung selama 10 hingga 15 menit. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan mulut untuk bernapas selama menekan hidung. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada titik pendarahan (anterior) dibagian septup hidung agar darah tidak lagi mengalir.

4. Bernapas Dengan Mulut


Sementara waktu untuk mencegah darah masuk ke saluran pernapasan jangan bernapas melalui hidung ketika mimisan. Kamu bisa bernapas menggunakan mulut hingga darah berhenti mengalir. Sedangkan dibagian hidung disumpal kapas atau kain bersih yang sekiranya dapat menyerap darah.

5. Kompres dengan Es

Selain berfungsi menurunkan berat badan Ai Es atau air dingin juga dapat digunakan untuk menghentikan aliran darah dengan cara membungkusnya dengan kain bersih lalu menempelkannya dibagian luar hidung. Namun jika pendarahan tak kunjung berhenti alangkah baiknya segera menghubungi medis.

Sebagai pengingat, ketika mimisan jangan memposisikan kepala mendongak keatas ataupun berbaring karena menyebabkan darah masuk kedalam tubuh yang pada akhirnya akan mengakibatkan iritasi ringan hingga berat.

Semoga artikel cara tepat dan praktis menangani mimisan ini bisa menambah wawasan baru dan bermanfaat.
Gaya Hidup kesehatan

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Selama Ini Kita Salah, Berikut 5 Cara Tepat dan Praktis Menangani Mimisan"

Post a Comment

Catatan Untuk Sobat Kurkun
  • Mohon Tinggalkan komentar sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel