7 Rekomendasi Tempat Kuliner Gudeg Legendaris di Yogyakarta, Bikin Nagih!

Rekomendasi Tempat Kuliner Gudeg Legendaris di Yogyakarta

Berbicara tentang Gudeg Yogyakarta rasanya tak puas jika belum merasakannya secara langsung. Makanan khas kota pelajar ini terbuat dari bahan dasar nangka muda dibalut dengan bumbu dan gula merah serta lauk pelengkapnya, selalu punya daya tarik tersendiri di lidah para pelancong.

Jika kamu sedang berlibur ke Yogyakarta hanya untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, alangkah baiknya menyempatkan diri untuk merasakan sensasi Gudeg asli dari Jogja. Saya jamin tak lama kemudian saat kamu kembali, kamu akan kangen dengan Yogyakarta terutama Gudeg dan suasananya.

Baca juga :

Berikut saya berikan beberapa rekomendasi tempat kuliner Gudeg legendaris di Jogja yang terkenal enak dan bisa bikin kamu nagih.

1. Gudeg Bu Djuminten

Gudeg Bu Djuminten Yogyakarta

Gudeg satu ini bisa dikatakan legendaris dan menjadi buruan para penikmat makanan, bagaimana tidak rasanya yang mampu memanjakan lidah serta lokasinya yang strategis menjadi salah satu alasannya.

Diketahui Gudeg Bu Djuminten atau Gudeg Yu DJum ini sudah ada sejak tahun 1926-an. Bangunan yang dipake menggunakan model klasik sehingga membuat penggemarnya merasa betah dan nyaman.

Sejak dulu Yu Djum selalu konsisten dengan sajian khas Gudeg Basah dengan sambel krecek dan kacang "tholo". Harganya juga sangat terjangkau antara Rp.10.000 - Rp.40.000. Buka dari ham 07.00 - 21.00 WIB

Lokasi : Jl. Asem Gede No.14, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

2.  Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Yogyakarta
Berdiri sejak tahun 1958, sensasi unik yang akan kamu rasakan jika membeli gudeg disini adalah cara pengambilan makanannya yang secara langsung dari pawon. Nama Gudeg Pawon sendiri berasal dari bahasa jawa "Pawon" yang berarti dapur.

Keunikan lain adalah cara pengolahannya yang masih tradisional, menggunakan tungku dan kayu bakar. Bukan tanpa sebab, melainkan demi menjaga cita rasa Gudeg. Jika dimasak menggunakan alat masak lain, misalnya kompor gas, rasanya akan berbeda.

Gudeg Pawon biasanya buka setiap hari pulul 22.00 -24.00 WIB (sampai habis). Harga sajian per-porsi Gudegnya kisaran Rp.11.000 - Rp.24.000.

Lokasi : Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164


3. Gudeg Permata (Ny. Sri Sunarti)

Gudeg Permata Yogyakarta
Dinamakan Gudeg Permata karena kala itu letaknya yang tak jauh dari bioskop Permata di sekitaran Jl. Gajah Mada. Yang menjadi pembeda adalah memiliki cita rasa yang sedikit gurih dibandingkan dengan gudeg lain.

Makan di Gudeg Permata menyajikan suasana lesehan pinggir jalan, sehingga sangat terasa nuansa Yogyakarta. Diketahui warung ini sudah berjualan sejak 1951. Harga per-porsi tidak terlalu mahal kisaran Rp.12.000 - Rp.50.000. Sedangkan buka mulai jam 20.30 - 02.00 WIB.

Lokasi : Jl. Gajah Mada, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111

4. Gudeg Mbah Lindu (Sosrowijayan)

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Dinamakan Gudeg Mbah Lindu karena pemiliknya bernama Setyo Utomo atau sering dipanggil Mbah Lindu. Warung sederhana ini sudah ada sejak jaman penjajahan yaitu sekitar tahun 1940 di daerah Sosrowijayan.

Karena kondisiny sakit, usaha ini dilannjutkan anaknya. Namun jangan khawatir keaslian cita rasa masih terjaga hingga kini. Satu porsi gudeg Mbah Lindu dihargai Rp.15.000 - Rp.20.000, cukup murah dibandingkan kenikmatan rasanya. Buka mulai pukul 05.00 - 10.00 WIB

Lokasi : Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271 


5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mecor Bu Tinah
Jika kamu mencari makanan di Jogja yang pedas salah satu jawabanya ada di Warung Gudeng Mercon Bu Tinah. Warung yang buka mulai pukul 21.00 - 03.00 WIB ini sejak pertamakali buka pada tahun 1992 selalu menyajikan gudeg yang tak biasa. Jika pada umumnya gudeg mempunyai rasa manis atau gurih, Gudeg Mercon Bu Tinah memiliki rasa pedas.

Jika kamu tidak ingin kehabisan, saya sarankan untuk datang lebih awal karena antrian akan membeludak. Harga satu porsi untuk Gudeg ini Rp.15.000 - Rp.20.000. Lauknya pun bermacam-macam ada ayam, telur, jeroan, gorengan hingga sate.

Lokasi : Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

6. Gudeg Gejayan Bu Manto 

Gudeg Gejayan Bu Manto
Gudeg Gejayan Bu Manto merupakan warung kaki lima yang terletak di depan pom bensin Gejayan. Diketahui warung penyaji gudeg ini telah beroprasi sejak tahun 1985.

Satu porsi gudeg biasanya dilengkapi dengan nasi, daun singkong, areh, sambel krecek dan lauk. Selain gudeg warung Gejayan Bu Manto juga meyediakan nasi pecel, telur, paha, sayap dan gorengan. Harganya berkisar antara Rp. 6.000 - Rp.15.000,-. Sedangkan jam buka mulai 07.00 - 12.00 WIB.

Lokasi : Jl. Affandi No.15, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

7. Gudeg Kendil Bu Tjitro

Gudeg Kendil Bu Tjitro
Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1925 ini menjadi salah satu ikonik gudeg di kota Yogyakarta. Pasalnya kamu akan dimanjakan dengan rasa gudeg yang nikmat saat masuk ke mulut.

Walaupun Gudeg Bu Tjitro terkesan modern, namun penyajiannya masih menggunakan daun pisang sebagai piring. Disana kamu juga bisa membeli gudeg dalam bentuk kaleng untuk sekedar oleh-oleh saudara di rumah. Sedangkan untuk harga mulai Rp.50.000 - Rp.200.000 tergantung paket.

Lokasi : Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Post a Comment

0 Comments