Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Hardbrick pada Android

Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Hardbrick pada Android
Pernahkah smartphone mu mengalami kerusakan berat? Secara umum kerusakaan yang sering menimpa smartphone adalah bootloop, softbrick, dan hardbrick. Istilah-istilah tersebut mungkin asing bagi orang awam, namun tidak bagi teknisi Smartphone.

Masalah ini sering dialami pemilik smartphone ketika system android terserang virus, mengutak-atik sendiri, gagal flashing dan sebagainya.

Seperti yang sudah saya sebut diatas, kerusakan smartphone paling umum ada tiga macam. Namun pada kesempatan ini saya akan membahas apa itu hardbrick, penyebab dan cara mengatasinya.

Pengertian Hardbrick?

Hardbrick adalah istilah untuk smartphone yang tidak mau menyala atau mati total. Kerusakan ini sering terjadi pada pengguna OS Android baik karena kesalahan pabrikan atau pengguna sendiri. Hal ini berbeda dengan Softbrick yang masih bisa menyala sampai logo vendor, lalu mati dengan sendirinya alias tidak mau masuk system.

Baca juga : Cara Melacak HP Hilang atau Dicuri, Dijamin Ketemu!

Jangankan masuk ke system, menyalapun tidak bisa. Bahkan saat dicharger indikator baterai tidak menyala atau tidak merespon. Hardbrick biasanya hanya bisa diatasi oleh teknisi service center smartphone yang bersangkutan dengan persentase keberhasilan 1 banding 100.

Mengapa saya katakan demikian? karena hardbrick merupakan kerusakan terparah yang dialami smartphone. Sedangkan kerusakan ini tidak semata-mata terjadi karena satu hal saja, ada beberapa penyebab terjadinya hardbrick.

Penyebab Android Mengalami Hardbrick

Meskipun terlihat biasa, kegiatan-kegiatan seperti mengoprek dan menggunakan aplikasi bajakan secara tidak langsung bisa mengakibatkan smarphone Androidmu mengalami hardbrick. Selain dua hal tadi berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya hardbrick.

1. Gagal Flashing

gagal flashing android
Biasanya saat melakukan proses Flashing smartphone kita jarang memperhatikan kondisi baterai sehingga saat flash tiba-tiba hp mati atau tidak sengaja terputus koneksi dengan laptop. Kegagalan-kegagalan seperti ini bisa saja mengakibatkan terjadinya hardbrick karena proses flashing tidak sempurna atau belum selesai. Firmware corrupt atau tidak sesuai seri juga bisa mengakibatkan gagal flashing  

2. Oprek Custom ROM

Custom ROM android
Sebagai jiwa pengembang kita selalu tertantang dengan hal-hal berbau modifikasian terlebih lagi fitur-fitur keren yang ditawarkan ROM modifikasi, misalnya smartphone merk Vivo diisi dengan ROM Iphone 11.

Baca juga : Fitur Baru! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Selain menghanguskan garansi custom rom juga beresiko mengalami kegagalan root atau kostumisasi ROM, hal itu bisa mengakibatkan bootloader rusak yang pada akhirnya smartphone android mengalami Softbrick bahkan Hardbrick.

3. Gagal Upgrade System

gagal upgrade system android
Sebelum kamu memutuskan melakukan upgrade system ke versi terbaru pastikan kondisi jaringan stabil dan baterai diatas 60%. Jika tidak bisa saja proses upgrade menjadi tidak sempurna, akibatnya IMEI pada EMMC (boot partisi) mengalami kerusakan. Hal ini bisa menyebabkan hardbrick pada smartphone 

4. Menginstall Aplikasi Terjangkit Virus

virus di aplikasi android
Sekarang ini banyak aplikasi MOD yang bisa secara mudah kita download di internet. Alih-alih merubah fitur premium menjadi gratis, bisa saja aplikasi modifikasian itu secara sengaja disisipi virus malware oleh pengembang agar merusak sistem android di smartphone kamu.

Baca juga : Dampak Bahaya Menggunakan Aplikasi MOD, Pencurian Data Pribadi!

5. Kelasalahan Instruksi

kesalahan instruksi android
Penyebab ke lima ini jarang sekali mengakibatkan harbrick, paling banter hanya bootloop dan softbrick. Kesalahan instruksi terjadi karena pengguna secara sengaja maupun tidak, masuk ke sistem bios smartphone dan melakukan penghapusan atau salah memilih menu sehingga menyebabkan kerusakan file inti dari smartphone itu sendiri.

Walaupun jarang terjadi, namun tidak ada salahnya saya menuliskannya agar kamu tidak melakukan kesalahan instruksi yang fatal.

Cara Mengatasi Hardbrick pada Android

Saya tidak menjamin cara ini 100% ampuh, tapi tidak ada salahnya kamu coba. Berikut adalah cara mengatasi hardbrick pada android :
  • Lepaskan sim card, sdcard dan baterai 
  • Hubungkan smartphone ke PC/Laptop
  • Tekan dan tahan Volume UP dan Volume Down 
  • Sambil menekan pasang baterai smartphone
  • Jika berhasil, kamu akan masuk ke Download Mode
  • Langkah terakhir flash Via Odin
Jika langkah-langkah diatas tidak berhasil lebih baik bawa ke Service Center dengan membawa kartu garansi. Namun apabila kartu garansi sudah tidak bisa diklaim (hangus) saya sarankan untuk membeli smartphone baru saja.

Baca juga : 5 Langkah Jitu Mempercepat Koneksi WiFi

Akhir Kata

Paling parah penyebab-penyebab diatas bisa menyebabkan IC eMMC rusak dengan kata lain smartphone kamu sudah tidak bisa di perbaiki kecuali menggantinya. Itulah pengertian, penyebab serta cara mengatasi Hardbrick pada smartphone android.



Post a Comment

0 Comments