7 Manfaat Air Garam bagi Tubuh yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat air garam bagi kesehatan tubuh

Garam dapur tidak hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap makanan saja. Dibalik rasanya yang asin, air garam (garam dicampur air) ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan salah satunya mengatasi jerawat.

Hal tersebut dikarenakan air garam mempunyai kandungan zat mineral didalamnya. Penasaran dengan khasiat air garam lainnya? Simak ulasan berikut.

1. Mengobati Jerawat

Secara umum air garam mempunyai sifat antibakteri sehingga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat yang tumbuh diwajah kamu.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lain air garam yaitu mampu mengangkat sel kulit mati. Selain dilarutkan, kamu juga bisa menggunakannya secara langsung sebagai scrub di wajah untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Binahong

3. Menjaga Kesehatan Mulu

Sifatnya yang antibakteri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut lho!. Hal ini dibuktikan dengan studi ilmian pada tahun 2003 yang menyebutkan bahwa air garam mampu menurunkan pH pada mulut. Sehingga setiap pagi sangat direkomendasikan berkumur menggunakan air garam

4. Mengurangi Bau Badan

Buat kamu yang punya masalah bau badan, air garam adalah salah satu solusinya. Garam dipercaya mempunyai daya detoksifikasi untuk mentralkan berbagai jenis racun ditubuh diantaranya kuman penyebab bau badan. Penggunaannya cukup simple dan mudah, campurkan air hangat dengan garam lalu gunakan berendam selama kurang lebih 15-20 menit.

5. Meringankan Rasa Sakit Akibat Cantengan

"Cantengan" atau infeksi jaringan yang berdekatan dengan kuku biasanya mengakibatkan rasa sakit yang tak tertahankan. Kamu bisa menggunakan air garam untuk mengurangi rasa sakitnya. Hal ini dikarenakan, Zat mineral dan magnesium yang terkandung dalam garam mampu meningkatkan kinerja fagosit (sel darah putih penghancur kotoran).

Baca juga : Manfaat Air Es untuk Menurunkan Berat Badan

Pengaplikasiannya dengan cara merendam kaki yang sakit dengan air hangat dicampur garam selama kurang lebih 10-15 menitan, lakukan sehari 2-3 kali hingga rasa sakitnya hilang.

6. Membuat Badan Rileks

Manfaat lain dari air garam adalah mampu membuat badan lebih rileks. Sebab garam mempunyai kadar natrium yang tinggi sehingga dapat menekan stres pada aliran darah. Hal ini juga akan membuat kualitas tidurmu lebih lelap. Sangat cocok buat kamu yang sulit tidur.

7. Melancarkan Pencernaan

Zat mineral pada garam dapat menghancurkan kotoran dan kuman dalam organ usus. Air garam juga dipercaya mampu melancarkan sekresi pada usus dan hati. Sehingga dapat melancarkan pencernaan manusia.

Baca juga : 15 Manfaat Buah Pepaya yang Wajib Kamu Ketahui!


Akhir Kata

Ternyata banyak sekali ya, manfaat air garam bagi kesehatan tubuh manusia. Sayangnya dibalik segudang manfaat tersebut banyak orang yang belum mengetahuinya. Selain 7 point diatas tentunya masih banyak lagi manfaat air garam. Jika kamu tahu, bisa menambahkan manfaat lain di kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments