Fitur Baru! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Fitur Baru! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari
Beberapa hari lalu Whatsapp resmi merilis fitur fingerprint lock 'pengunci sidik jari'. Setelah sebelumnya dijajal pada versi beta kini fitur pengamanan ini bisa dinikmati pengguna WhatsApp secara luas.

Selain di Android sebenarnya fingerprint lock sudah lama diterapkan pada pengguna iPhone. Fitur pengamanan baru milik Whatsapp ini memungkinkan pengunanya dapat mengunci aplikasi Whatsapp menggunakan sidik jari.

Apa itu Fingerprint Lock atau Pengunci Sidik Jari

Fingerprint Lock adalah sebuah fitur yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Cara kerjanya hampir sama dengan model keamanan PIN, pola, sandi dan sebagainya. Hanya saja fingerprint lock menggunakan sidik jari.

Fungsi Fingerprint Lock pada WhatsApp

Sama seperti fungsi keamanan lainya, kegunaan fitur ini untuk melindungi privasi pengguna. Namun, sayangnya pengunci sidik jari hanya bisa digunakan pada smartphone yang mendukung fingerprint lock.

Baca juga : 

Jika kamu belum bisa menemukan fingerprint di aplikasi WhatsApp milikmu, kamu perlu melakukan update WhatsApp versi terbaru. Sedangkan cara untuk mengaktifkan pemindai sidik jari sebagai berikut.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

  1. Tekan titik tiga pada kanan atas aplikasi WhatsApp
  2. Lalu, pilih Setelan
  3. Tekan Akun kemudian pilih Privasi atau Privacy
  4. Selanjutnya tekan Kunci sidik jari atau Fingerprint lock
  5. Tempelkan sidik jarimu sebagai konfirmasi pemilik.


Kamu bisa memilih berapa lama kunci akan diaktifkan. Setidaknya terdapat tiga pilihan, kunci segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit. Selain waktu kamu juga bisa mengatur keamanan notifikasi chat WhatsApp yang masuk. Sedangkan cara menonaktifkannya sebagai berikut.

Cara Menonaktifkan Fitur Sidik Jari pada WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk titik tiga pada kanan atas
  3. Tekan Setelan kemudian pilih Akun 
  4. Setelah itu tekan Privasi dan ketuk Kunci sidik jari atau Fingerprint lock
  5. Nonaktifkan Buka kunci dengan sidik jari.

mematikan fitur sidik jari di whatsapp

Akhir Kata

Walaupun menggunakan keamanan sidik jari, saat ada panggilan masuk kamu bisa langsung menjawabnya tanpa melakukan konfirmasi sidik jari terlebih dahulu, hal ini juga berlaku jika kamu mengaktifkan fitur 'quick replay' pada WhatsApp.


Post a Comment

0 Comments