5 Langkah Jitu Mempercepat Koneksi WiFi [100% Work]

Kecepatan berselancar sangat diidam-idamkan berbagai pihak. Terlepas dari itu seringkali kita mengalami yang namanya koneksi WiFi lemot. Terlebih lagi jika kita sedang berada di kantor atau cafe. Hal itu bukan tanpa sebab, melainkan saking banyaknya pengguna yang terhubung ke satu jaringan WiFi. Nah untuk itu saya akan memberikan beberapa langkah jitu mempercepat koneksi WiFi.

Meskipun kita tahu saat ini sudah banyak penyedia jasa layanan WiFi yang beredar di masyarakat, misalnya provider IndiHome, Myrepublic, dan Biznet. Sayangnya, walaupun memiliki bandwidth lumayan besar kendala jaringan lelet masih saja sering terjadi. Dalam artikel ini juga nantinya saya akan memaparkan penyebab-penyebab mengapa wifi menjadi lemot.

Penyebab Koneksi WiFi Lemot

Walaupun kecepatan internet di Indonesia setiap tahun ditingkatkan namun faktanya masih belum cukup jika dibandingkan dengan Korea Selatan yang mencapai 24,6 Mbps. Sebelum masuk ke pokok pembahasan alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa saja penyebab jaringan wifi menjadi lemot. 

1. Jangkauan Sinyal Lemah

Jika kamu sedang berada di tempat luas, bertingkat atau dibalik skat ruangan tembok bisa jadi hal itu yang mengakibatkan koneksi lemot. Karena pada umumnya WiFi mempunyai jangkauan sinyal yang sangat terbatas. Untuk itu diperlukan Router atau Repeater agar menjangkau area lebih luas.

Baca juga : Wi-Box 4G Smartfren, Solusi Cepat Internet Rumah Anda! 

2. Banyak Pengguna 

Sangat lumrah jaringan WiFi menjadi lemot jika digunakan banyak orang, sebab bandwith akan terbagi rata kepada tiap pengguna. Masalah ini sering terjadi jika kamu berada di restoran, kantor, dan tempat ramai lainnya.

3. Melakukan Download File Besar

Penyebab lain biasanya ada yang sedang mendownload file dalam kapasitas besar, berupa film, game, software, atau yang lainnya. Hal ini terjadi karena sistem dalam jaringan lebih memprioritaskan proses download, apalagi jika menggunakan software Internet Download Manager

4. Koneksi LAN dan Router Bermasalah

Jika ketiga hal diatas tidak terjadi, maka bisa saja disebabkan oleh komponen hardware pada WiFi. Coba kamu cek apakah kabel LAN dalam keadaan baik dan terpasang.

Baca juga : Daftar Harga dan Spesifikasi Mifi Smartfren, Terbaru!

Cek juga keadaan Router apakah terjadi masalah, biasanya Router bermasalah jika berada di dekat barang elektronik, ruang tertutup dan lantai. 

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Karena saat ini jaringan WiFi sudah bisa dinikmati diberbagai perangkat, maka saya akan membaginya menjadi dua yaitu cara mempercepat koneksi WiFi untuk android dan Laptop/PC. 

Uji Kecepatan Internet

uji kecepatan internet
Pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan berapa kecepatan internet. Nantinya akan ada informasi mengenai kecepatan unduh dan unggah serta beberapa informasi lainnya. Untuk melakukan pengujian klik disini

1. Mempercepat WiFi di Android

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WiFi lemot jika menggunakan android, berikut adalah caranya :
  • Pastikan sinyal wifi dilayar andorid penuh, jika tidak lebih baik cari tempat yang memiliki jangkauan sinyal kuat
  • Jika kamu menggunakan Mifi (Mobile Wi-fi), pindahkan perangkat ke tempat yang sekirannya memiliki jaringan kuat
  • Jauhi meletakkan Router di tempat tertutup, dekat dengan barang elektronik, dan dibawah.
  • Cobalah merubah posisi antena router agar bisa mengcover seluruh isi ruangan
  • Jika beberapa hal diatas sudah kamu lakukan namun tidak ada perubahan, bisa saja permasalahan muncul di provider jaringanmu atau Router yang kurang berkualitas.
Baca juga : Fitur Baru WhatsApp, Bisa Kunci WA Pakai Sidik Jari!

2. Mempercepat WiFi di Laptop/PC

Kamu bisa mempercepat koneksi WiFi dengan aplikasi bawaan windows yaitu CMD. Selain tanpa embel-embel aplikasi tambahan cara ini sudah terbukti efektif mengatasi masalah WiFi lemot.
  • Langkah pertama pastikan laptop/PC terkoneksi dengan jaringan WiFi
  • Selanjutnya, buka CMD dengan cara Start > Run > ketik "cmd.exe" tanpa tanda petik > lalu enter atau dengan menekan tombol Windows + R.
  • Ketikan ipconfig/all, lalu cari noomor IPv4 Address. Misalnya, 192.168.43.69
  • Selanjutnya ketikan  ping -l 1000 192.168.43.69 -t, kemudian tekan enter
  • Biarkan cmd tetap berjalan atau kamu bisa melakukan minimize
Mempercepat koneksi Wifi di laptop atau pc
Catatan : Ganti angka merah dengan nomor IPv4 Address kamu, sedangkan angka 1000 merupakan jumlah request bandwidth yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.
Adapun alternatif lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan custom DNS. Open Network and Internet Setting > Network and Sharing Center > Wifi Connection > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Klik Properties > pilih opsi Use the following DNS server addresses > isi dengan DNS berikut :
  • Preferred DNS server: 208.67.222.222
  • Alternate DNS server: 208.67.222.220
Kemudian klik Ok. Selain menggunakan OpenDNS di atas, ada pula DNS 1.1.1.1 yang disinyalir mampu memberikan kecepatan hingga 10 kali lipat
setting dns untuk kecepatan maksimal

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa aspek yang menyebabkan koneksi Wifi menjadi lemot serta langkah jitu untuk mempercepat koneksi WiFi baik di Android maupun Laptop/PC. Sebenarnya masih ada cara lain namun akan saya bahas artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments