Cara Ampuh Melacak HP yang Hilang Dicuri, Dijamin Ketemu!

Cara Melacak HP yang Hilang Dicuri

Sebagai manusia biasa tentunya tidak terlepas dari sikap ceroboh. Menurut survey kecerobohan yang paling sering terjadi adalah kehilangan barang terutama alat elektronik seperti HP baik karena kelupaan atau dicuri orang. Kehilangan HP kadang menjadi dilema tersendiri bagi pemiliknya terlebih lagi jika terdapat data-data penting didalamnya

Namun jangan khawatir berkat kemajuan teknologi saat ini kamu bisa melacak keberadaan hp hingga memblokirnya. Berikut adalah ulasannya.

Cara Melacak HP yang Hilang 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak hp androidmu yang hilang atau dicuri orang, salah satunya melalui email. Penyedia layanan surat elektronik milik Google "Gmail" selain berfungsi menerima dan mengirim surat ternyata bisa kita fungsikan sebagai pelacak hp. 

Baca juga :

Sebelum kamu melacaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan. Pastikan HP target harus terhubung ke email yang sama, misalnya hp A (hilang) sudah terkoneksi dengan akun gmailmu, maka hp B (pelacak) harus kamu hubungkan menggunakan email yang sama. Sebagai contoh berikut saya telah melacak keberadaan hp saya (bukan hilang).

  1. Buka Find My Device melalui browser atau klik disini
  2. Login menggunakan akun email di hp yang hilang
  3. Jika berhasil, seharusnya kamu sudah bisa mendeteksi type dan posisi hp melalui tampilan Maps.
    fitur find my device
  4. Apabila google tidak menemukan lokasinya secara spesifik berarti hp dalam keadaan mati. Namun, kamu masih bisa melacak track orang yang mencuri hp kamu melalui fitur linimasa Maps.
    lacak hp hilang
  5. Dari fitur Linimasa Maps kamu bisa mengetahui kemana saja hpmu dibawa.
    linimasa maps
  6. Selesai. Sekarang kamu bisa mengetahui posisi hpmu yang hilang atau dicuri.

Mudah bukan? Itulah mengapa kita dituntut untuk selalu menghubungkan smartphone ke akun Google. Bukan karena apa, melainkan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun, jika hpmu tidak terlacak kamu masih bisa menggunakan tiga fitur lain berikut ulasannya.

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Hp Hilang

Didalam Find My Device setidaknya terdapat tiga fitur yang bisa kamu manfaatkan jika perangkatmu tidak terdeteksi.
  1. Amankan Perangkat, Pada fitur pertama ini kamu bisa mengirim pesan dan nomor yang bisa dihubungi kepada orang yang membawa atau menemukan HP kamu serta mengunci perangkat.
  2. Putar Suara, HP kamu akan berdering selama 5 menit, meski dalam mode senyap.
  3. Hapus Perangkat, Semua data akan dihapus secara permanen dari perangkatmu. Setelah perangkat dihapus, Anda tidak dapat mencarinya. Fitur ketiga ini saya sarankan jika kamu sudah tidak bisa melacaknya.
    fitur find my device

Kesimpulan

Sayangnya terdapat beberapa kekurangan dalam Find My Device, diantaranya tidak bisa melacak jika kondisi hp dalam keadaan mati atau sudah direset. Itulah tadi cara melacak hp yang hilang mengguakan bantuan google. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments