3 Dampak Bahaya Menggunakan Aplikasi MOD, Segera Amankan Data Pribadimu!


Aplikasi MOD atau modifikasian terkadang sangat membantu kita dalam melakukan sesuatu, misalnya kamu bisa membuka fitur premium di Kine Master secara gratis. Tapi tahukah kamu, jika dibalik kata "gratis" terdapat beberapa bahaya yang mengincar keamanan hp bahkan pencurian data pribadi?

Hal itu tentunya wajib menjadi perhatian tersendiri bagi kita. Untuk itu kamu sebagai user harus lebih berhati-hati saat menggunakan aplikasi android, lebih baik membayar fitur premium daripada harus kehilangan sesuatu.
 

Pengertian Aplikasi MOD atau Modifikasi

Aplikasi MOD sendiri sejatinya sama dengan "crack" jika di komputer, dimana bertujuan agar aplikasi yang diinstall dapat sepenuhnya diakses secara gratis seperti yang sudah saya jelaskan diawal.

Mengapa saya katakan dapat mengincar keamanan hp?

Meskipun terlihat biasa saja, namun aplikasi yang sudah dimodifikasi menjadi sangat rentan terhadap virus. Hal itu bisa berakibat fatal untuk system hp android kamu. Berikut saya jabarkan beberapa penyebab bahayanya aplikasi MOD
  • Aplikasi hasil MOD biasanya merusak source asli dari pengembang resmi, hal ini membuat keamanan data pribadi anda dipertanyakan.
  • Aplikasi modifikasian bisa saja secara sengaja dimasukkan malware berbahaya dan membuat hpmu harus di reset ulang bahkan dampak terburuknya adalah hardbrick
  • Memperberat kinerja memory yang dapat mengakibatkan ketidakstabilan system (lemot) dan baterai menjadi boros
Baca juga : Cara Ampuh Melacak HP Hilang, Dijamin Ketemu!

Dampak Bahaya Menginstall Menggunakan MOD

Disadari atau tidak penggunaan aplikasi MOD pada hp android menyebabkan berbagai bahaya yang mungkin saja mengancam keamanan data atau informasi pribadi pengguna. 

1. Berisi Iklan Menggangu

iklan android menggangu
Seringkali saya menjumpai iklan yang tiba-tiba muncul pasca menginstal aplikasi mod, bahkan ketika saya tidak membukanya. Hal itu berbeda jika saya menginstall aplikasi dari pihak developer resminya. Sangat jarang sekali ditemukan iklan-iklan mengganggu, bisa dikatakan hampir tidak ada.

Baca juga : Fitur Baru! Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

2. Terdapat Virus Malware

virus android
Memang tidak semua, tetapi aplikasi mod sangat rentan disisipi virus malware yang ujung-ujungnya dapat masuk dan merusak system hp android, alhasil kamu harus melakukan reset ulang dikonter terdekat dengan harga yang tidak murah. Bahkan, dampak terburuknya hp kalian mengalami Hardbrick.

Baca juga : Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Hardbrick?

3. Mencuri Data dan Informasi Pribadi 

Wajib menjadi perhatian jika kamu akan menginstall aplikasi mod sejenis sosial media baik itu WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, atau yang lainnya. Alih-alih berpenampilan berbeda dengan segala fitur yang ditawarkan. Kita tidak tahu tujuan diciptakannya aplikasi mod itu untuk apa, bisa saja data dan informasi pribadi kamu disalahgunakan oleh pengembang.

Baca juga : Wi-Box 4G Smartfren, Solusi Cepat Internet Rumah Anda!

Selain itu menciptakan, menjual dan menggandakan aplikasi MOD bisa terkena Undang-undang hak cipta dan UU ITE lho! berikut bunyinya 
Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Menurut Pasal 1 angka (8) Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema maupun ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.
Pasal 34 Undang-Undang ITE Tahun 2008 : Setiap orang yang sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan, mengimpor, mendistribusikan, menyediakan atau memiliki.

Akhir Kata

Itulah beberapa dampak bahaya menggunakan aplikasi hasil mod atau modifikasian. Walaupun berbayar setidaknya bisa menghargai karya para developer dengan menggunakan aplikasi resminya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Post a Comment

0 Comments