Naskah Pidato Singkat Perpisahan SMA

Setelah kemarin saya posting contoh naskah pidato perpisahan SMP sekarang akan saya tulis beberapa teks pidato singkat tentang perpisahan SMA dan SMK, siapa tahu bisa menjadi referensi untuk kamu dalam menulis pidato.
Konten [Tampil]

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, mungkin itu kalimat yang tepat menggambarkan perpisahan di masa SMA. Awal mula malu-malu untuk saling tegur sapa, hingga akhirnya tidak rela berpisah. Bukan karena apa, memang masa-masa SMA menyimpan banyak sekali kenangan dibandingkan jenjang dibawahnya.

Baca juga : 
Oke, untuk mempersingkat waktu langsung saja berikut ini beberapa contoh naskah pidato singkat perpisahan SMA dan SMK.


Naskah Pidato Perpisahan SMA #1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Drs. Budi Utomo selaku Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Palang
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru beserta staf dan karyawan
Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid
Serta tak lupa teman-teman yang berbahagia

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang karenaNya pada hari ini kita semua dapat berkumpul disini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada panitia yang telah memberikan kesempatan saya untuk berdiri di sini mewakili teman-teman kelas XII menyampaikan salam perpisahan di depan hadirin sekalian. 

Dan selamat bagi kita semua! Kita telah berhasil menuntaskan tugas kita selama 3 tahun terakhir sehingga saat ini dapat meraih satu kata yang paling dinanti sejauh ini yaitu “LULUS”. 

Hari-hari penuh ujian yang begitu menegangkan kini sudah berakhir. Kita akan melepas almamater kita dan menggantinya dengan seragam yang baru. Tugas baru pun dimulai.

Terimakasih kami haturkan kepada Beliau semua, sang Pahlawan kami. Kami menyadari sekian hal, yang pastinya membimbing kami tidaklah mudah. Engkau mengabdikan waktumu bukan saja dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 siang, Engkau pastinya menghabiskan waktumu dalam siklus yang tak pernah berhenti. Bahwa sejatinya Engkau hanya ingin yang terbaik bagi kami, Engkau tak ingin melihat kegagalan pada kami. You are a hero, and always will be.

Untuk itulah, saya mewakili teman-teman berdiri disini memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas luka yang pernah tertoreh, segala kenakalan yang mengesalkan, ketidakseriusan belajar hingga membuat Bpk/Ibu sekalian hampir lelah menghadapi kami. Walaupun begitu engkau tetap tulus dan tak menyerah. Terimakasih. Terimakasih. Terimakasih

Kemudian, pesan kami untuk adik-adik yang masih harus berjuang meraih sandang kelulusan kelak...
“Sekolah, untuk jadi berpendidikan. Belajarlah, untuk jadi manusia yang benar. Berada dikelas, bukan untuk bersenang-senang, itu hanya sedikit kelonggaran.. Sebuah pesan singkat dari Mohammad Hatta__“Aku rela di penjara, asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas”. Jadi, merdekalah kamu dengan ilmu. Sebab hanya itu saja yang dapat menyelamatkanmu dari penindasan. Pendidikan merupakan jendela dunia, dan Kelulusan adalah Pintunya... Kalian harus berusaha keras untuk membukanya, untuk masuk level berikutnya. Nilai saat ini pun tidak menentukan kompetensimu 5 tahun kedepan, jika nilaimu hanya kau biarkan tergeletak dikertas yang akan menjadi usang. Jadi, jangan berhenti untuk belajar. Sebab kalian bukan satu-satunya didunia ini.”

Terakhir, kami teruntukkan untuk orang tua kami tercinta...
“Terimakasih, telah memperjuangkan kami (anak-anakmu), hingga pada titik sekarang ini. Jasamu... tak terbalaskan, Kasihmu... tak terkalahkan. Wahai Ibu, Wahai Ayah... Terimakasih, untuk segalanya yang tak pernah usai. Kami mencintaimu...”

Hadirin yang berbahagia,
Sekali lagi saya berterimakasih kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Tanjung Palang , semoga kami dapat menjaga nama baik almamater kami, dan mengharumkan nama SMA Negeri 1 Tanjung Palang, dan kami memohon doa dan restunya agar kami semua bisa sukses dalam menjalani hari-hari kami baik di dunia kerja maupun di bangku kuliah. Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya. Ingatlah tangis tawa kita selama ini, pelangi yang selalu iringi perjalanan mulia ini.
"Every meeting always ends with a farewell. The most important thing is not how we cry the farewell, but how we color our togetherness"

Demikian yang dapat kami sampaikan, jika ada salah kata saya mohon maaf. Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
(Sumber : detravelloving.blogspot.com)


Naskah Pidato Perpisahan SMA #2

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Kepala SMA Negeri Ngraden
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru serta Staf dan karyawan
Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid
Serta teman teman kelas 12 SMA Negeri Ngraden yang saya sayangi.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena pada hari yang indah dan cerah ini kita semua dapat berkumpul untuk merayakan “Kelulusan dan Perpisahan Murid SMA Negeri Ngraden.

Kedua, terima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini menyampaikan salam perpisahan di depan hadirin sekalian.

Ketiga, selamat bagi kita semua! Kita telah berhasil lulus akhirnya. Hari-hari penuh ujian yang sangat begitu menegangkan kini sudah berakhir. Kita bukan anak SMA lagi. Kita kan meninggalkan sekolah ini dan berpisah.

Perpisahan, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteamna akrab saat bersekolah di sini. Mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SMP, atau sejak SD. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya, tak tergoyahkan oleh apapun.

Namun tidak dapat kita ingkari bahwa seiring dengan berjalannya kehidupan kita, seiring dengan datanya hal-hal baru nanti seperti kuliah, kerja, menikah, juga seiring dengan datanya orang orang baru, teman baru, cowok baru, cewek baru, perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.

Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih menyenangkan dibanding hal-hal yang membosankan di sini. Akan tetapi, mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan mempunyai banyak kenangan indah.

Teman-teman yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tadk dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyia-nyiakan masa SMA kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka buatlah kenangan sebanyak-banyaknya. Lakukan apa yang ingin kita lakukan. Katakan lah apa yang ingin kita katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai. Katakanlah kepada cewek-cewek berisik yang merasa sok cantik dan populer bahwa otak lebih penting dibanding penampilan. Katakanlah kepada cowok cowok cupu di sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yagn kita cinta bahwa kita memang mencintainya. It is now or Never, friends! Come on! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa.

Terakhir, saya kutip dari film cinta pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Benjamin Josua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi.

Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita smua.

Selamat berpisah! Selamat karena telah menjadi bukan anak SMA lagi. Jagalah diri kalian yang kuliah jauh dari orang tua.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
(Sumber : www.satubahasa.com)


Naskah Pidato Perpisahan SMK #1

Assalamualaikum Wb. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Yang terhormat Bapak Salahudin Wahid selaku kepala sekolah SMKN Satu Bangsa
Yang terhormat Bapak Gus Sholeh selaku wakil kepala sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru serta seluruh staff SMKN Satu Bangsa
Yang terhormat Bapak dan Ibu wali murid
dan seluruh teman-teman yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita semua bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam rangka pelepasan siswa-siswi kelas 12 yang telah berhasil dalam melaksanakan ujian akhir. Dan tak lupa marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke dalam suatu agama yang telah dirahmati oleh Allah SWT yaitu islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak, Aminn

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya mewakili seluruh teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata di hari perpisahan kami ini. Terimakasih juga saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah berusaha dengan keras untuk mewujudkan acara ini.

Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada teman-teman kelas 12 atas keberhasilannya dalam mengikuti ujian akhir dan kelulusannya serta selamat juga kepada pihak sekolah atas keberhasilan yang diraih tahun ini karena sekolah kita telah berhasil dalam meluluskan 100% siswa-siswinya.

Hadirin yang berbahagia,

12 tahun sudah kita menempuh pendidikan formal di sekolah. Banyak suka, duka, tawa dan tangis yang telah kita lalui bersama.  Hingga akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itu pun tiba, hari dimana kita semua lulus dan meninggalkan sekolah ini. Sungguh berat rasanya untuk meninggalkan ini semua karena kenangan-kenangan yang telah terukir selama bersekolah di sini sangatlah indah. Kami pun menyadari bahwa akan tiada lagi kegiatan pergi sekolah setiap pagi, upacara bendera dan omelan Bapak dan Ibu guru, semua hal itulah yang pasti akan sangat kami rindukan. Kami juga akan merindukan suasana, teman dan tugas-tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru semua.

Namun, kami menyadari bahwa masa-masa indah tersebut telah berlalu, kini tiba saatnya bagi kami untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya, dimana kami bisa menerapkan semua ilmu-ilmu yang telah kami dapatkan selama kami belajar di sekolah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili seluruh teman-teman mengucapakan terimakasih kepada Bapak dan Ibu guru atas pengorbanan dan waktunya dalam mendidik kami semua sehingga kami bisa menjadi manusia yang lebih dewasa, penuh tanggung jawab dan berbakti kepada orang tua. Tanpa kalian kami bukanlah apa-apa, sungguh besar jasa-jasa yang telah kalian berikan kepada kami. Semoga Allah swt membalas semua jasa-jasa kalian dan semoga Bapak dan Ibu guru diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menjalankan tugas mulia ini Aminnn.

Kami juga berpesan kepada adik-adik kelas untuk rajin-rajinlah belajar dan gunakanlah waktu kalian yang tinggal sedikit ini untuk melakukan hal-hal yang positif bersama teman-teman karena masa SMA adalah masa yang paling indah yang tidak akan kalian dapatkan kembali.

Untuk teman-teman seperjuangan, teruslah berjuang. Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus, Semoga kalian dapat belajar di kampus yang kalian impikan dan belajarlah dengan giat serta jadilah mahasiswa yang baik dan aktif. Marilah kita tunjukan bahwa SMKN Satu Bangsa adalah penghasil mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas. Dan bagi teman-teman yang ingin berkerja, semoga kalian menemukan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan dan sukses dengan karir kalian yang akan datang.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan ibu guru, dan juga selamat kepada siswa-siswi kelas 12 atas kelulusannya. Semoga kita bisa bertemu lagi dalam waktu dan keadaan yang berbeda dimana kita semua telah menggapai cita-cita kita semua.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya dan saya akhiri

Wassalamualaikum Wr. Wb. 
(Sumber : www.kelasindonesia.com)


Naskah Pidato Perpisahan SMK #2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Dieng
Yang terhormat Bapak/Ibu Dewan Guru beserta staf tata usaha
Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid
Serta teman-temanku yang berbahagia

Pada pagi hari ini, tak lupa kita ucapkan puja dan puji kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga sampai hari ini kita masih tetap bisa melakukan segala bentuk aktifitas dan dapat berkumpul di sini dalam acara Perpisahan Kelas XII tahun ajaran 2019/2020.

Saya di sini mewakili teman-teman menyadari bahwa selama kami menjadi siswa di SMK Negeri 1 Dieng tercinta ini seringkali membuat bapak/ibu guru kesal, kecewa, sedih, maupun marah. Oleh karena itu kami menghaturkan permohonan maaf yang tulus emoga bapak/ibu guru semua sudi kiranya memaafkan semua kesalahan kami baik yang sengaja maupun tidak demi kebaikan kami semua ke depannya.

Saya dan teman-teman, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi. Untuk bapak/ibu guru terutamanya, mungkin ucapan terima kasih dari saya dan teman-teman semua tidaklah cukup membayar semua jasa baik anda selama 3 tahun ini, yang tanpa lelah mengajari serta mendidik kami menjadi insan yang semakin mengerti. Sungguh kebaikan bapak/ibu guru hanya mampu dibalas oleh Allah. Jazakumullah khoiron katsiron.

Untuk teman-teman tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang datang menghampiri dalam perjalanan kita menuntut ilmu. Mungkin semua itu esok akan menjadi sebuah memori terindah yang akan selalu kita ingat.

Tak lupa kepada adik-adik kami yang masih tajam pemikirannya, untuk ke depan kalian harus lebih berprestasi dari kakak-kakakmu ini, jangan buang waktumu dengan percuma, buatlah sekolah kita menjadi yang terbaik. Buatlah guru-guru serta orang tua kita bangga akan prestasi yang kita torehkan.

Saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya. Ingatlah tangis tawa kita selama ini, pelangi yang selalu iringi perjalanan mulia ini.

Sukses untuk terus maju dan meraih cita-cita. Semoga SMK Negeri 1 Dieng kita tercinta semakin jaya dari masa ke masa.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb 
(Sumber : http://kabarmu.blogspot.com)

Itulah tadi beberapa contoh naskah pidato yang bisa kamu jadikan referensi dalam tulisan pidato perpisahanmu. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post