Rezeki Seret, Baca Doa Pelancar Rezeki Ini!

Doa pelancar rezeki

Selain kesehatan tentunya semua orang menginginkan kemudahan dalam mengais rezeki. Namun fakta yang sering kita jumpai dilapangan tidak semudah angan-angan, perlu perjuangan yang sungguh-sungguh serta diimbangi dengan do'a.

Beberapa ulama dalam kajiannya sering menyinggung beberapa do'a yang dapat memperlancar rezeki kita, disini saya tidak bermaksud mengagung-agungkan doa. Hanya saja berdoa adalah salah satu upaya kita sebagai makhluk ciptaan Allah agar bisa berkomunikasi dengan-Nya.

Pengertian Rezeki

Sebelum masuk ke pembahasan inti alangkah baiknya saya menjabarkan pengertian rezeki terlebih dahulu agar tidak disalah artikan. 

Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat, berdaya guna serta dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup sebagai sumber penghidupan yang  telah diberikan oleh Allah SWT kepada setiap mahkluknya. Apakah rezeki selalu identik dengan materi?

Tidak, perlu saya garis bawahi rezeki tidak melulu berkaitan dengan harta atau kekayaan. Kesehatan, kebahagiaan, istri, anak, keluarga, tempat tinggal dan sebagainya merupakan salah satu bentuk rezeki yang diberikan Allah SWT. Dengan kata lain rezeki bukan hanya uang dan uang.

Walaupun rezeki, jodoh, hidup dan mati seseorang sudah ditentukan tidak ada salahnya kita memohon agar diberi kelancaran rezeki. Dalam islam sendiripun kita diajari untuk selalu memohon kepada Allah SWT agar selalu diberi kecukupan dan dibukakan rezeki.

Doa-doa Pelancar Rezeki

Agar setiap usaha kita diberi kelancaran oleh Allah SWT berikut ini terdapat beberapa doa yang bisa kamu amalkan

1. Doa Pelancar Rezeki

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Latin : Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya : “Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”
 

2. Doa Agar Diberi Keberkahan Rezeki

اَللّٰهًمَّ اَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ وَوَسِّعْ لِيْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ

Latin : Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassi’lii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya : “Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku.”

3. Doa Agar Senantiasa Mendapat Rezeki Halal

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Latin : Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

4. Doa Agar Diberi Kecukupan Rezeki

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Latin : Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa.

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

5. Doa Agar Diberi Rezeki Tak Terduga

رَبَّنَا اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا ِلاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ

Latin : Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

Artinya : “Ya Tuhan kami, turunkahlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama.”

6. Doa Agar Rezeki Mengalir Terus

اللهم افتخ لي أبواب الخير وأبواب السلامة وأبواب الصحة وأبواب النعمة وأبواب البركة وأبواب القوة وأبواب المودة وأبواب الرحمة وأبواب الرزق وأبواب العلم وأبواب المغفرة وأبواب الجنة يا أرحم الرحمين

Latin : “Allaahummaftah alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa abwaabal Quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannah, Allaahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, Wash rif annaa bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin,”

Artinya : “Ya Allah pangeran tuhanku, bukakanlah untuk hamba pintu kebagusan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rizki, pintu kesehatan, pintu keselamatan, dan pintu sawarga, Ya allah tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’i dunia dan bala’i akhirat, jauhkan dariku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan nabimu yang mulya dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat. semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim / muslimat) oleh rahmatmu yang asih.”

Tips Agar Doa Mudah Dikabulkan

Agar do'a kita senantiasa diijabah oleh Allah SWT. Alangkah baiknya kita selalu menghindari sikap keduniawian dan menjauhi larangan-Nya. Adapun adap-adap dalam memanjatkan doa sebagai berikut :
  • Niat yang ikhlas, yaitu berdoa dengan kesungguhan hati kita mengharap ridho Allah SWT
  • Memiliki keyakinan kuat, setiap berdoa harus dilandasi dengan keyakinan yang kuat agar dikabulkan
  • Selalu makanan halal, Makanan halal akan menjaga kebersihan hati, hati yang kotor akan sulit berlaku ikhlas
  • Sebisa mungkin hindari dosa, Jauhi apapun yang menjadi larangannya tanpa terkecuali
  • Berdoa pada waktu mustajab, Terdapat beberapa waktu berdoa yang tergolong mustajab atau mudah dikabulkan, yaitu diantara adzan dan iqomah, selesai shalat, sepertiga malam terakhir dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Berdoa adalah salah satu cara berkomunikasi kepada Allah SWT dalam kapasitas manusia. Salah satu doa yang dicontohkan nabi Muhammad SAW ketika merasa sulit adalah doa pelancar rezeki. Semoga artikel ini dapat membantu. Ingat bahwa rezeki, jodoh, hidup dan mati seseorang sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Post a Comment

0 Comments