macam macam sistem operasi

Sistem operasi atau disingkat OS adalah salah satu ilmu yang musti dipelajari bagi mereka yang bergelut didunia teknologi informasi, karena hal ini merupakan dasar dari teknologi informasi.

Secara tidak langsung ketika mengoperasikan sebuah laptop, PC, atau Ponsel. Kita selalu bersinggungan dengan sistem operasi. Pada komputer dan laptop biasanya menggunakan Windows atau linux sedangkan di ponsel, yang sering kita jumpai adalah Android.

Nah, untuk mengenal lebih detail mengenai hal itu. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai pengertian, fungsi dan contoh sistem operasi.

Pengertian Sistem Operasi

Menurut wikipedia, Sistem operasi atau operating system (OS) adalah sebuah perangkat lunak sistem yang bertugas mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak. Tanpa adanya sistem operasi pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer atau ponsel.

Secara umum, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berada dilapisan paling awal yang ditempatkan pada sebuah memori yang berfungsi menjalankan layanan suatu software atau penghubung antara software dengan hardware.

Baca juga : 

Layanan tersebut seperti akses ke disk, penjadwalan tugas schedule task, manajemen memori dan user interface GUI/CLI. Sedangkan untuk bisa menjalankan sistem operasi terdapat sebuah kode atau inti yang disebut sebagai "karnel".

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Para pakar teknologi informasi memiliki pemahaman masing-masing mengenai sistem operasi ini, namun intisarinya tetap sama, berikut menurut beberapa pendapat mereka :
  1. Ali Zaki
    Pengertian sistem operasi adalah software yang mengoperasikan komputer. 
  2. Fery Indayudha
    Sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua aplikasi program atau software yang di komputer.
  3. Haer Talib
    Merupakan program utama yang langsing berinteraksi melalui bahasa yang dikenal mesin komputer  yaitu bahasa komputer.
  4. Iim Rusyamsi
    Perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengkontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi dasr sistem, dan menjalankan software aplikasi.
  5. Mc Leod
    Program komputer yang mengendalikan sumber daya hardware dan software yang ada di komputer.
  6. Sunarto
    Software yang bisa lansung bekomunikasi dengan hardware.
  7. Suyanto
    Sistem yang terdiri atas kpmponen software yang berfungsi mengontrol semua kegiatan di dalam komputer.
  8. Zainal Abidin
    Program pertama komputer dalam sebuah komputer.

Cara Kerja Sistem Operasi

skema cara kerja sistem operasi

Seperti yang saya katakan diawal artikel ini, bahwa sistem operasi adalah pengubung antara perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware). Contoh simpelnya adalah ketika sebuah perangkat entah itu komputer, laptop, atau ponsel dinyalakan, maka yang berjalan terlebih dahulu adalah sistem operasi baru kemudian muncul beberapa program atau aplikasi yang berjalan.

Baca juga : Daftar Laptop Paling Nyaman dan Ringan

Intinya adalah sistem operasi merupakan suatu sistem yang berada dilapisan paling awal dimana nantinya menjadi pengubung antara software dan hardware. Saat ini sudah banyak sistem operasi yang beredar di publik, misalnya Windows, Linux, Mac OS, Android, dan sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki penana penting dalam sebuah perangkat tanpa adanya hal ini, perangkat dipasikan tidak dapat menjalankan progras sebagai mana mestinya (kecuali booting).

Berikut adalah beberapa fungsi dari sistem operasi :

1.  Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi sistem operasi yang pertama adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini menjadi inti yang mendasari berjalannya sebuah perangkat lunak atau software.

Sistem operasi memungkinkan program dapat berjalan dan ditampilan sebagaimana mestinya kepada pengguna perangkat.

2. Penghubung Antara Hardware dan Software

Dalam hal ini bisa diartikan sebagai Resource Manager pada sebuah perangkat. Maksudnya, sistem operasi bertindak sebagai pengontrol fungsi perangkat keras seperti CPU, Memori, Hardisk, VGA, dan perangkat keras lainnya serta berfungsi mengatur jalanya software agar terhubung dengan perangkat keras, dalam hal ini adalah Driver.

3. Fungsi Interface atau Tampilan

Gambar atau tampilan yang sering kita lihat dilayar monitor adalah hasil pengoperasian Sistem Operasi. Bisa dibilang OS memiliki fungsi memudahkan pengguna dengan memunculkan tampilan yang bisa dipahami.

4. Sebagai Wadah Software

Seperti yang kita tahu, software atau aplikasi secara sistem tersimpan dalam memori. Namun sebenarnyaa aplikasi tersebut berada pada sistem operasi dan tidak bisa berjalan tanpa adanya operating system.

5. Mengkoordinasi Kerja Perangkat

Fungsi lain sistem operasi, adalah mengatur kegiatan kompleks dari perangkat lunak dan memastikan agar aplikasi yang dijalankan bisa berjalan sesuai urutan yang benar serta efisien.

Baca juga : Deretan Notebook Murah Dibawah 3 Jutaan

Tidak hanya mengatur seluruh aktivitas, OS juga mempunyai tugasmengelola seluruh aktivitas yang berhubungan dengan hardware, baik input device maupun output device.

6. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat

Fungsi berikutnya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya dalam hal pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk, mengatur waktu berjalannya CPU, ataupun mengatur koneksi dalam terminal.

7. Mengawasi Jalannya Suatu Program

Sistem operasi selanjutnya adalah mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses suatu program atau disebut dengan istilah Gate Keeper. Selain itu sistem operasi juga mengawasi segala hal yang dilakukan user ketika kita mengakses program dalam komputer.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Perkembangan sistem operasi untuk saat ini sudah sangat banyak baik untuk komputer, laptop maupun ponsel. Berikut adalah daftar jenis-jenis sistem operasi : 

1. Microsoft DOS

Microsoft DOS

Operating system pertama kali yang digunakan pada komputer IMB-PC merupakan produk keluaran perusahaan Microsof Corporation. Microsoft DOS sendiri dirilis tahun 1981 oleh penemunya Bill Gates.

2. Widows

Windows 10

Setelah DOS Microsoft mengembangkan OS terbarunya yaitu Windows. Saat ini perkembangannya telah sampai ke Windows 10. Untuk saat ini Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan.

3. Windows Mobile

Windows Mobile 10

Tidak jauh berbeda dengan versi dekstopnya, perusahaan teknologi terbesar Microsoft merilis sistem operasi versi mobilenya pada tahun 2000 yang dikenal dengan Windows Mobile.

4. Macintosh

Sistem operasi Mac OS

Macintosh atau Mac OS merupakan sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer macintosh. MacOS ciptaa Apple Computer ini untuk pertama kali dikenalkan ke publik tahun 1984.

5. Linux

Tampilan Sistem Operasi Linux

Linux dikembangkan pada tahun 1970 sampai tahun 1980-an dengan menggunakan kernel monolitik. Berbeda dengan sistem operasi lainnya adalah Linux mempunyai kernel dan komponen open source sehingga bisa dikembangkan sendiri oleh paa penggunanya.

7. Unix

Sistem Operasi Unix

Karena kegunaannya untuk komputer-komputer berdaya besar seperti Super Computer dan Mainframe membuat OS ini jarang digunakan publik.

8. Palm

 Sistem Operasi Palm
Sistem operasi ini biasanya digunakan oleh smartphone atau PDA Phone, namun sayangnya OS ini sudah tidak popular lagi karena kalah saing.

9. Blackberry OS

Sistem Operasi Blackberry
Blackberry OS hanya identic dengan satu jenis smart phone. Sistem ini dikembangkan untuk kepentingan bisnis dan memiliki produk unggulan yaitu black messenger.

10. Symbian

Sistem Operasi Symbian

Symbian adalah jenis sistem opeasi yang menjadi titik awal menculnya smartphone. Symbian dikembangkan perusahaan teknologi Symbvian Ltd. Sayangnya, sudah tidak popular karena kalah saing dengan Android, Windows, dan Apple.

11. Android

Sistem Operasi Android

Andoid merupakan sistem operasi berbasis linux. Sistem operasi ini sangat mudah dikembangka. Saat ini sebagian besar smartphone sudah mengunakan sistem operasi android karena biaya pengembangannya sangat ekonomis.

12. Chrome OS

Sistem Operasi Google Chrome OS

Jenis sistem operasi dari Google yang sangat ringan ini berbasis linux dan standard web. Google Chrome OS memakai standard web HTML 5. Dimana merupakan pengembangan sistem operasi perangkat lunak yang dijalankan di web browser Chrome. Chorme OS di luncurkan pada tahun 2010.

Baca Juga : Acer E5 476G, Laptop Gaming Harga Miring 

Nah itu lah penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan jenis-jenis sistem operasi yang beredar dimasyarakat. Semoga dengan adanya artikel ini akan menambah pengetahuan kalian. Sekian dari saya Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post