Kamu tau nggak, makanan yang setiap hari kita makan, akan tetap berada di dalam perut atau lambung kamu loh, jika tidak ada proses dari organ penceraan.

Beruntung sekali kita memiliki system penceraan yang baik, hal ini membuat kita membuang sisa makanan dengan mudah yah, bayangkan saja jika kita tidak memiliki system pencernaan yang baik, pasti yang keluar dari pembuangan kita masih berbentuk biji-bijian, seperti halnya pada Luwak. Kan serem!

Untuk informasi bersama nih, organ pencernaan yang terlibat dalam proses menghancurkan makanan ini banyak loh, kamu penasaran?! Kira –kira apa saja organ pencernaan itu? Berikut dibawah ini akan saya jelaskan secara singkat!

Pengertian Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia merupakan sistem yang membantu manusia dalam mencerna baik itu makanan maupun minuman yang kemudian menjadi zat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh untuk diambil kandungan di dalamnya yang berguna bagi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga :

Dalam pengertian lainnya. Sistem pencernaan merupakan proses perubahan makanan menjadi sari makanan yang berupa nutrisi- nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan bantuan enzim pemecah molekul makanan kompleks menjadi sederhana.

Anatomi Sistem Pencernaan Manusia

Anatomi sistem pencernaan manusia

Seperti yang kita tahu, anatomi dari system pencernan ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu:
  • Organ dalam saluran pencernaan
  • Organ pencernaan pelengkap.

Pada organ dalam saluran ini termasuk :
  • Mulutesofagus (kerongkongan)
  • Lambung
  • Usus halus
  • Usus besar
  • Kemudian berakhir di anus.

Sementara  Gigi dan lidah terletak di dalam mulut yang membantu proses pencernaan,dengan mengubah makanan kasar menjadi lebih halus. Sementara :
  • Kelenjar air liur
  • Hati
  • dan Pankreas 

yang merupakan system pencernaan dalam tubuh manusia, membantu menghasilkan enzim-enzim guna membantu proses pencernaan.

Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan memberikan informasi tentang penjelasan dari beberapa system pencernaan manusia

1. Mulut

Proses pencernaan di mulut

Kalau kamu tahu, proses pertama kali dari pencernaan adalah berasal dari mulut, dimana didalam mulut pencernaan kimia dan mekanik terjadi. Dalam proses mekanik akan dilakukan oleh gigi dan proses kimiawi nya dilakukan oleh air liur.

Seperti yang saya jelaskan diawa, mulut berfungsi untuk mengunyah makanan sehingga menjadi halus dan lunak, hal ini untuk memudahkan pencernaan lanjutan yang akan dilakukan selanjutnya.
Proses didalam mulut akan dibantu oleh air liur yang akan memecah makanan,melembapkan makan sehingga lebih mudah ditelah.didalam air liur ini terdapat enzim amylase yang mampu memecahkan karbohidrat,

Baca Juga :

Dan kemudian di dorong oleh lidah untuk masuk kedalam belakang tenggorokan kemudian ditelan, para proses ini, epiglois menutup bagian atas dari batang tenggoroan / trache hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa makanan masuk ke kerongkongan dan buka ke saluran udara, tentu ini sangat berguna sekali, karena mencegah kita tersedak saat menelan makanan tadi.

2. Kerongkongan

Sistem Pencernaan Manusia pada kerongkongan

Esophagus, atau kita lebih senang menyebutnya kerongkongan merupakan saluran penghubung mulut dengan lambung, letak kerongkongan berada di antara tenggorokan dan lambung.

Esofagus merupakan jalan kebenaran, eh maksudnya jalan untuk makanan yang telah dicerna sebelumnya melalu mulut, untuk langsung menuju lambung.

Kerongkongan dalam tugasnya dbantu oleh beberapa oto yang berkontraksi, sehingga dapat mendorong masuk kedalam lambung, gerakan dari kontraksi ini disebut gerak peristaltik.

Otot kerongkongan dapat berkontrasksi sehingga mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Gerakan ini disebut dengan gerak peristaltik.

Pada ujung kerongkongan ini, terdapat cincin otot atau sfingter, otot ini berfungsi untuk membuka jalan masuknya makanan kedalam lambung. Kemudian menutup kembali untuk mencegah makanan naik kembali ke kerongkongan.

3. Lambung

Sistem Pencernaan pada Lambung

Lambung atau Ventrikulus. Memiliki bentuk seperti kantong yang menggelembung dan terletak dibagian kiri rongga perut manusia.

Lambung sendiri terdiri dari 3 bagian atau ruang. Masing-masing memiliki fungsi dan peranan penting dalam sistem pencernaan salah satunya adalah menghasilkan asam klorida yang membasmi semua mikroorganisme yang ada pada makanan.

4. Usus halus

Sistem Pencernaan pada Usus Halus

Proses selanjutnya berakhir di usus halus, dimana nantinya makanan akan di proses oleh enzim dan zat lain yang di buat oleh : usus, pankreas, dan hati. Didalam usus halus ini akan terjadi pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein oleh enzim. Dan dibantu oleh hati yang menghasilkan empedu, dimana fungsi empedu ini untuk membuat molekul lemak dapat larut, sehingga dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Baca Juga :

Dalam proses terakhir ini, usus halus akan menyerap nutrisi dari proses penceraan, pencerapan ini dibantu oleh jutaan villi dan microvilli yang menutupi dinding bagian dalam usus.

5. Usus Besar


Sebenarnya pencernaan di usus halus sudah berakhir, lalu kenapa masih saya lanjutkan? ya tidak afdol rasanya kalau tidak saya lanjutkan sampai proses pembuangan sisa atau ampas makanan.

Usus besar adalah tempat penyimpanan sisa makanan yang nantinya akan dibusukkan oleh bakteri Escherichia coli sehingga menjadi kotoran yang akan dibuang melalui anus.

6. Rektum dan Anxs (Anus)


Rektum terletak dibagian ujung usus besar. Rektum berperan sebagai jalur yang akan dilalui sisa proses pencernaan atau kotoran menuju ke pembuangan akhir yaitu anxs.

Ketika kotoran didalam usus besar penuh biasanya kamu akan merasaakan mules atau perasaan ingin buang air besar. Nah, perasaan itu akan muncul saat kotoran telah memasuki area rektum.

Sedangkan anxs atau anus merupakan saluran dimana berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuhmanusia.

Oke berikut diatas adalah penjelasan saya tentang beberapa anatomi dari system penceraan manusia, semoga artikel ini bermanfaat yah!

Post a Comment

Previous Post Next Post