Ini Lho! Dampak Positif Bermain Game Online

Dampak Positif Bermain Game Online



Belakangan ini lagi booming-boomingnya game online atau game daring seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dan sebagainya.

Tau gak sih? ternyata game online selain membuat kita senang juga bermanfaat bagi kesehatan mental, bahkan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti atlet E-sport Indonesia Hansel Ferdinand (BnTeT) yang telah menghasilkan sekitar US$100,523.91 atau setara dengan Rp 1,41 miliar hanya dengan bermain game.

Menarik bukan? hmm, lalu apa saja dampak positif yang akan kamu dapatkan saat bermain game online, berikut ulasannya.

1. Mengurangi Depresi


Dampak Positif Bermain Game Online


 
Ketika kamu sedang punya masalah yang berat cobalah bermain game baik online maupun offline, hal itu hal itu dipercaya mampu mengurangi tingkat depresi pada seseorang. Sebab bermain game dapat mengaktifkan saraf parasimpatis yang bisa mengurangi tekanan stres pada diri kamu.

2. Menambah Fokus dan Keterampilan


Dampak Positif Bermain Game Online


 
Tak khayal game dapat menambah daya fokus dan keterampilan seseorang. Bagaimana tidak, saat bermain game online secara tidak langsung kamu akan melatih ketepatan koordinasi antara indra penglihatan dengan gerakan tangan ketika menggerakan joystick dengan begitu daya fokus dan keterampilanmu akan makin terasah.
 

3. Berlatih Kerjasama Dengan Orang Lain


Dampak Positif Bermain Game Online


 
Memainkan game dengan teman-teman atau tim tentunya lebih menyenengkankan dibandingkan bermain sendiri, bukan? Sekarang ini banyak game yang sudah menerapkan sistem co-op atau team dalam gameplay-nya dan kamu dituntut untuk melakukan kerjasama dengan player lainnya. 
 
Misalnya, Mobile Legends atau PUBG. Jika kamu tidak bekerjasama dengan baik tentunya akan kalah. Nah, disinilah point dimana kamu akan melatih kerjasamamu dengan orang lain.

4. Melatih Kesabaran Pemain

Dampak Positif Bermain Game Online
 
Pernahkah kamu melihat video atau bahkan secara langsung orang emosional saat bermain game online? Hal ini bukan karena si pemain emosian loh, tapi memang game yang sedang mereka mainkan benar-benar melatih kesabaran salah satunya seri Company of Heroes dan Flapy Birds.


5. Menyehatkan Fisik

Dampak Positif Bermain Game Online

Tak sedikit permainan online maupun offline yang menuntut kita untuk melakukan aktifitas fisik. Misalnya game fenomenal Pokemon GO, Pump It Up atau Dance Time Zone. Hal ini tentunya akan membuat tubuhmu menjadi sehat.

6. Mempererat Hubungan dengan Orang Lain 

Dampak Positif Bermain Game Online


 
Percaya atau tidak, ketika kamu bermain game online dengan keluarga, kerabat, teman atau pacar dapat meningkatkan hubunganmu dengan mereka. Kamu bisa mencoba beberapa game multiplayer seperti game Pro Evolution Soccer (PES), UNO, dan Auto Chess.

7. Melatih Kemampuan Berbahasa Asing

Dampak Positif Bermain Game Online

Cobalah bermain game story atau beralur, seperti game genre Role Play. Adanya alur cerita panjang bisa jadi alternatif untuk melatih kemampuan bahasa asingmu. Selain sekedar mencari kesenangan kamu akan mendapat beberapa kosakata baru disana.



8. Mendapatkan Jodoh

Dampak Positif Bermain Game Online

Seperti yang dialami Nurul Ezzaty dan Afez Dean mereka adalah pasangan yang berasal dari Kajang, Selangor, Malaysia. Dimana perkenalan mereka bermula dari game Clash Of Clans (COC). Kisah yang sama juga terjadi pada Mitoy dan Mika. Pasangan hidup dari Filiphina.

9. Menghasilkan Uang

Dampak Positif Bermain Game Online

Selain menyenangkan ternyata kamu bisa loh mengandalkan game sebagai mesin penghasil uang. Seperti yang dilakukan Kevin bersama timnya "Eccurate" mereka mampu menghasilkan uang $59.961 atau sekitar 840 Juta rupiah hanya dari game.

Nah, itulah beberapa dampak positif bermain game online. Bermain game oleh dan sah-sah saja, tapi ingat bermainlah secukupnya jangan berlebihan. Jika kamu merasakan dampak positif lainya jangan sungkan coret-coret di kolom komentar yaa... Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments