Taktik Jitu Agar Bisnis Berkembang Pesat

Pelaku bisnis besar tentunya tidak pernah terlepas dari teori atau trik-trik berbisnis untuk membuat bisnis mereka semakin digandrungi.

Disini saya akan membahas beberapa trik bisnis yang akan membuat usaha anda semakin digandrungi banyak konsumen.

Jawabnya adalah tentang penampilan atau kesan pertama. Ya, konsumen akan membuat opini tentang apa yang mereka lihat untuk pertama kalinya.

Apakah anda memilik penampilan produk yang menarik?
Apakah anda memiliki ciri khas brand?  
Apakah anda memiliki website yang bisa diakses?

Jawaban ketiga pertanyaan diatas akan menjadi penentu sekaligus taktik agar bisnis anda tampak jauh lebih menarik dan menjadi pemikat calon konsumen tentunya.

Sebagai contoh kasus, ada seorang ibu pergi ke sebuah pasar tradisional untuk membeli daging ayam, disana ia melihat beberapa penjual dengan beraneka ragam kualitas daging, ada yang terlihat segar, besar, kenyal ada juga yang terlihat lusuh, kecil, lembek.Walaupun harganya lebih mahal, berdasarkan kondisi diatas tentunya anda setuju jika ibu itu lebih memilih atau membeli daging ayam yang masih segar dan besar, bukan?

Berikut adalah beberapa trik yang dapat mendongkrak usaha bisnis anda :

1. Buatlah kemasan yang menarik

Kemasan Zanana Chips

Jika bisnis anda bergerak dibidang makanan atau minuman alangkah baiknya anda mendesain tampilan kemasan produk yang anda jual semenarik mungkin, karena hal tersebut mampu membuat produk anda terlihat lebih profesional.

Baca juga : Cara Jitu Mempertahankan Usaha agar Terus Berkembang

Sebuah studi kasus yang membuktikan bahwa desain kemasan mampu mendongkrak penjualan, yakni desain keripik pisang Zanana Chips. Desain kemasan unik dari kripik pisang tersebut mampu memberikan omset pemiliknya hingga mencapai setengah miliar rupiah per bulan. Padahal pemilik usaha Zanana Chips baru berusia sekitar 19 tahun.

2. Buatlah logo brand anda sendiri 

logo perusahaan terkenal

Bagaimana orang lain mengenali produk anda, jika tidak memiliki sebuah tanda pengenal? Merek visual atau logo memainkan peran yang sangat besar dalam memahami kualitas bisnis Anda.

Kita semua tahu kalau logo M untuk McDonald, H untuk Honda dan sebagainya dengan kata lain, sebuah logo atau ciri khas akan membuat konsumen mudah mengenali produk anda yang tentunya akan membuat mereka kembali lagi suatu saat.

Namun permasalahannya mungkin anda tidak memiliki dana untuk bekerjasama dengan desainer grafis profesional. Tidak masalah, anda bisa menyewa jasa freelancer dibidang desain untuk membuatkan logo brand anda itu akan sangat menghemat pengeluaran.

Baca juga : Daftar Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya


3. Maksimalkan media sosial 

Maksimalkan media sosial untuk bisnis

Saat ini sudah sangat banyak media sosial yang bisa kita akses, facebook, twitter, instagram, whatsapp dan sebagainya. Lantas untuk apa media sosial?

Semenjak kehadiran media sosial banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkannya untuk melakukan ajang promosi. Hadirnya sosial media saat ini sangat berpotensi guna mendukung keberhasilan suatu usaha dalam bidang promosi produk. 

Nah, untuk menjaring konsumen anda bisa mecoba melakukan promosi produk milik anda di berbagai media sosial tentunya dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali.

4. Bangun sebuah website 


Bangun sebuah website bisnis

Jika bisnis anda ingin terlihat lebih profesional, anda dapat mencoba membuat sebuah website. Selain terlihat profesional tentunya para pelanggan akan lebih percaya terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Manfaat lain yang akan anda dapatkan diantaranya mampu menjangkau pasar lebih luas, menghemat waktu, mudah diakses, selalu terhubung dengan pelanggan, serta meningkatkan kredibilitas usaha anda. 

Baca juga : Cara Membuat Blog untuk Pemula di Blogger.com

Itulah beberapa taktik yang bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang sedang anda jalani, terlepas dari itu semua pepatah lama mengatakan pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli agar merasa puas. Jika pembeli puas maka mereka akan datang kembali dan secara otomatis menyebarkan keberadaan bisnis anda ke orang lain.

Post a Comment

Previous Post Next Post