10 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Interview Kerja beserta Jawabannya

pertanyaan sering muncul saat interview kerja

Interview kerja diyakini menjadi salah satu tes yang paling menakutkan sekaligus mendebarkan bagi calon karyawan suatu perusahaan untuk bisa diterima. Bagaimana tidak, dalam tes tahap ini biasanya kita didudukkan pada sebuah kursi, kemudian dihadapkan dengan beberapa orang yang akan menghujani kita dengan beberapa pertanyaan.

Banyak strategi yang harus dilakukan oleh pelamar agar bisa melewati tes interview. Salah satunya dengan mempelajari contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja. Hal itu bertujuan agar memberikan sedikit gambaran serta mempersiapkan jawaban yang akan kita berikan.

Perlu diketahui bahwa, pertanyaan interview kerja terkadang mengandung pertanyaan jebakan bagi sang pelamar.

Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat interview kerja kepada pelamar :

1. Ceritakan Tentang Diri Anda!

Nah, paling umum pertanyaan pertama saat interview atau sebagai pembuka adalah tentang pertanyaan data pribadi. Hal ini dimaksudkan agar pewawancara mengetahui detail kehidupanmu. Apakah nantinya cocok dengan posisi yang akan kamu masuki.

Jadi, yang harus kamu lakukan sebaiknya menceritakan hal-hal mengenai latarbelakang pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dsb. Namun bagaimana dengan freshgraduated? bagi kamu yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menceritakan skill yang kamu miliki.

Baca juga : 

Perlu diingat dalam menjawab pertanyaan ini usahakan sesuai dengan fakta dirimu jangan sampai mengada-ada bahkan berbohong.

Misalnya kamu melamar diposisi desainer,
"Saya Kurkun, usia 20 tahun. Saya adalah seorang desainer sekaligus publisher dengan pengalaman lebih dari lima tahun. Latar belakang pendidikan, saya pernah bersekolah di SDN Sukasuka, SMPN 1 Sukaduka, dan SMKN Sukajaya jurusan Multimedia. Saya hampir setiap hari mengasah skill desain grafis saya dengan mengikuti salah satu kelas online dan menjadi freelancer dibeberapa website besar. Selain desain grafis saya juga menguasai teknik fotografi dan videografi cinematic."

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan ini?

Pertanyaan satu ini cukup menjadi pertimbangan bagi HRD untuk merekrutmu, sebab seorang pelamar wajib mengetahui perusahaan dan posisi yang akan kamu masuki. Sehingga pewawancara bisa mengetahui seberapa jauh kamu mengenal dan memahami visi perusahaan.

Sebelum melakukan sesi wawancara usahakan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut. Usahakan selalu mengkapkan sisi positif perusahaan yang kamu lamar dan jangan pernah membanding-bandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Sebisa mungkin sampaikan hal-hal menarik dari perusahaan yang membuat kamu sangat antusias untuk bergabung.

Contoh jawabannya,
"Saya tidak sepenuhnya mengetahui detail tentang perusahaan ini, namun saya tahu bahwa perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa desain grafis yang telah berjalan selama 10 tahun, sudah banyak produk yang diciptakan oleh perusahaan khususnya dibidang digital. Client Anda bervariasi mulai dari badan usaha kecil hingga perusahaan besar di Indonesia. Maka dari itu, saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda, dengan harapan selain belajar, saya juga ikut andil dalam perkembangan perusahaan."

3. Prestasi Apa yang Pernah Anda Raih?

Selain latar belakang, kamu bisa juga disodorkan pertanyaan tersebut. Hal ini menjadi lumrah karena setiap perusahaan ingin memiliki karyawan terbaik yang akan membawanya kearah yang lebih baik.

Untuk menjawabnya tidak melulu tentang peringkat atau rangking di sekolah, kamu bisa menjelaskan secara detail tentang keberhasilanmu megerjakan sebuah proyek dari perusahaan sebelumnya, Buktikan bahwa disini kamu layak untuk diterima. Baca juga : 5 Keuntungan Memiliki Sertifikat Profesi


Contoh jawabannya,
"Saya pernah memenangkan beberapa kontes desain logo yang diadakan perusahaan-perusahaan besar, diantaranya PT. Pertamina, PLN, BRI, Mandiri, dan beberapa logo event seperti Hardiknas tahun 2018, HUT Pramuka tahun 2018, Net 3.O. Saya juga memiliki sertifikat resmi ISO 9001, PCI DSS Cloud Security dan sertifikat desain lainya."

4. Apa Kekurangan Anda?

Jika kamu disodorkan pertanyaan ini, langkah pertama jangan cemas dan usahakan tetap tenang. Kamu bisa mengatasi pertanyaan sulit ini dengan mendeskripsikan beberapa kekuranganmu, dengan diikuti keterangan cara mengatasinya.

Contoh jawabannya,

"Sejujurnya, sebagai seorang desain grafis. Saya adalah orang yang terlalu antusias terhadap suatu pekerjaan sehingga apapun pekerjaannya selalu saya terima secara bersamaan. Sehingga terkadang membuat diri saya kebingungan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terebih dahulu, bahkan tak jarang terlalu mepet dengan deadline.

Ketika saya sadar akan kekurangan saya ini, belakangan saya berusaha selalu membuat jadwal dan prioritas terhadap pekerjaan yang saya hadapi sehingga tidak melebihi deadline"

5. Apa yang Anda Lakukan saat Waktu Luang?


Pertanyaan interview yang satu ini cenderung menilai kualitas waktumu dengan kata lain, bagaimana kamu memanfaatkan waktu luangmu dengan kegiatan yang produktif.

Nah, disini kamu bisa menjawabnya dengan beberapa kegiatan positif atau kegiatan yang menunjukkan minatmu terhadap bidang lain. Baca juga : Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Wajib Dihindari

Contoh jawabannya,
"Saya sering memanfaatkan waktu luang saya untuk membaca beberapa buku tentang digital marketing, ilmu desain UI UX. Diwaktu libur biasanya saya melakukan olahraga renang, jika saya merasa lelah saya mengisi waktu libur dengan beristirahat dirumah sambil mendengarkan beberapa musik klasik"

6. Kenapa Anda meninggalkan Pekerjaan Lama?

Menjawab pertanyaan interview ini sulit sulit gampang, jika perusahaan lama kamu bangkrut maka jawablah bangkrut, masalah selesai. Namun berbeda jika kamu resign dari pekerjaan lama untuk berpindah perusahaan.

Sebisa mungkin tidak menyampaikan keburukan pemimpin atau konflik internal sesama karyawan ditempat lama kepada pewawancara, karena kamu akan dianggap bermuka dua.

Contoh jawabannya,
"Sebelumnya saya telah bekerja selama hampir 5 tahun disebuah perusahaan besar di daerah Jakarta Selatan. Keseharian ditempat kerja saya berada diposisi desainer, lingkungan dan suasana kerja sangat nyaman dan profesional hampir setiap hari saya menjalani kehidupan produktif disana. Namun belakangan ini saya mempunyai keinginan untuk lebih meningkatkan skill dan pengetahuan sebagai seorang desainer. Maka dari itu, saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan bergabung ke perusahaan Anda"

7. Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?

Pertanyaan ini termasuk pertanyaan dengan tingkat kesulitan mudah dijawab, walaupun demikian banyak diantara calon pelamar yang merasa kebingungan ketika dijejal pertanyaan ini.

Sebelum memasuki ruangan persiapkan segala hal termasuk tujuanmu bekerja perusahaaan ini. Buatlah para pewawancara yakin bahwa kamula orang yang tepat mengisi posisi tersebut.

Contoh jawabannya,
"TnT merupakan tempat bekerja yang visioner bagi para desainer. Jika saya bekerja dengan Anda, saya akan menjadi bagian dari perusahaan yang mampu bekerjasama dan membuat perusahaan ini lebih berkembang dengan skill yang saya miliki.

Di perusahaan ini juga memberikan hak setiap karyawannya untuk selalu mengasah dan mengembangkan skill lebih baik lagi. Itulah alasan kenapa saya sangat ingin menjadi bagian dari perusahaan ini"

8. Jika Anda Diterima Sebagai Karyawan, Jaminan Apa yang Akan Anda Berikan Kepada Perusahaan?

Setiap perusahaan pastinya tak menginginkan keryawannya baru beberapa bulan bekerja sudah resign (keluar). Kamu harus berhati-hati menjawab jenis pertanyaan yang satu ini. Pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas dan mampu berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan kedepannya.

Contoh jawabannya,
"Dalam waktu dekat, jika saya diterima diperusahaan ini tentunya akan merasa senang bisa menambah wawasan dan pengalaman secara pribadi. Selain itu dalam beberapa tahun kedepan dengan skill dan kemampuan yang saya memiliki saya akan ikut semaksimal mungkin berkontribusi demi kemajuan perusahaan ini."

9. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Nah, alangkah baiknya sebelum datang ke tempat interview kerja kamu melakukan survey besarnya gaji diposisi yang anda lamar. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Berikan harga sesuai dengan tingkat kemampuan diri kamu sendiri dan jelaskan kenapa kamu pantas mendapatkan gaji sebesar itu. Baca juga : Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur

Contoh jawabannya,
"Biasanya harga untuk posisi seperti ini sebesar Rp. 5.000.000,- hingga Rp. 8.000.000,- dan saya rasa, dengan berberapa keahlian, prestasi serta pengalaman yang saya punya, saya akan mengajukan gaji untuk posisi ini sebesar Rp. 6.500.000,-"

10. Apakah Anda Punya Pertanyaan untuk Saya?

Biasanya pertanyaan ini muncul diakhir sesi interview kerja, jangan menjawab "tidak". Manfaatkan momen ini untuk bertanya sesuatu mengenai pekerjaan dan posisi yang akan kamu isi. Dengan begitu secara tidaklangsung kamu akan dianggap lebih antusian dengan jabatan yang kamu incar.

Contoh jawabannya,
"Jika nantinya saya diterima diposisi ini, apakah saya akan menerima suatu pelatihan atau training sebelum bekerja?"

Penutup

Maka dari itu sebaiknya kamu mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum menghadapi wawancara. dengan beberapa pertanyaan dan jawaban diatas semoga dapat membantu anda lolos dalam interview kerja nantinya. Demikian informasi mengenai beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja beserta jawabannya. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments