Database Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis
Berbisnis tanpa database sama seperti busur tanpa anak panah. Dalam sebuah bisnis baik sudah berdiri lama ataupun baru, database pelanggan mempunyai peranan sangat vital. Dengan adanya database, perusahaan dapat menganalisa dan mengelola para pelanggannya dengan baik.

Database ini berfungsi untuk mengetahui informasi tentang pelanggan misalnya nama, alamat, jenis kelamin, alamat, serta minat. Data-data tersebut kemudian digunakan untuk mengetahui jangkauan pasar dan pendistribusian produk agar tepat sasaran.

Pentingnya Database Pelanggan

Karena kevitalan database pelanggan ini lah, keakuratan dan kebenaran data sangat diperlukan. Tak hanya itu ternyata database sejenis ini juga memiliki beberapa manfaat lho untuk perjalanan bisnis Anda kedepannya, berikut ulasannya :

1. Sebagai Petunjuk Arah Penjualan

Salah satu manfaat database pelanggan adalah dapat digunakan sebagai petunjuk arah penjualan agar produk dapat masuk ke pasaran dengan tepat, dengan begitu tentunya produk anda akan terjual dengan cepat dan efisien tanpa harus melakukan tial and error terlebih dahulu dilapangan.

Baca juga : Cara Jitu Mempertahankan Usaha agar Terus Berkembang

2. Dapat Mengetahui Potensi Pasaran

Adanya database ini anda bisa lebih tepat menganalisa produk apa kira-kira yang tepat dijual atau dipasarkan dikawasan tertentu berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, kelas sosial dan sebagainya. 

Jika kemudian, produk yang anda tawarkan ternyata masih rendah peminat, maka dengan adanya data-data pelanggan tersebut anda bisa segera menyesuaikan strategi promosi untuk mendongkrak penjualan.

3. Menganalisa Penjualan

Selain dua hal diatas, anda juga dapat menggunakan database pelanggan untuk menganalisa statistik penjualan serta menghitung peningkatan dan penurunan minat pelanggan terhadap suatu produk. Dengan demikian, Anda dapat membuat strategi baru untuk manangani penurunan penjualan. Misalnya, menawarkan produk terbaru yang anda punya.

Baca juga : Taktik Jitu Agar Bisnis Berkembang Pesat

4. Mencatat Perilaku Pelanggan

Yang saya maksud mencatat perilaku pelanggan adalah anda bisa mencatat pelanggan mana saja yang sering bermasalah dengan transaksi jual-beli (pembayaran). Jangan sampai anda mengalami kerugian hanya karena beberapa orang tidak melakukan pembayaran dengan baik.

Guna menunjang kesuksesan bisnis, Anda juga bisa memasukkan beberapa daftar nama pelanggan yang melakukan tindakan tersebut kedalam catatan blacklist agar tidak membuang waktu berharga yang anda miliki hanya untuk segelintir orang bermasalah.

5. Sebagai Sarana Berkomunikasi dengan Pelanggan

Manfaat berikutnya adalah dapat digunakan sebagai sarana berkomuniasi dengan pelanggan. Sehingga Anda akan mendapatkan feedback atau saran dari beberapa pelanggan tentang produk yang anda jual. Masukan-masukan itu kemudian bisa anda gunakan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas bisnis.

Salah satu upaya melakukan pendekatan kepada pelanggan adalah dengan cara menawarkan beberapa produk khusus (limited edition) kepada pelanggan VIP atau membentuk komunitas-komunitas tertentu guna meningkatkan kedekatan dengan pelanggan.

Baca juga : 5 Daftar Peluang Usaha dengan Modal 500 Ribu yang Bisa Kamu Coba

Untuk memudahkan pelaksanaannya, sebaiknya dalam mengelola database pelanggan anda bisa merekrut orang lain yang memiliki keahlian dibidang database tersebut. 

Itulah beberapa ulasan mengenai perlunya database pelanggan untuk bisnis. Database pelanggan jika dimanfaatkan secara maksimal akan sangat berdampak pada keuntungan dan kesuksesan bisnis anda kedepannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post