Masih Pentingkah Sertifikat Profesi (Sertifikasi) Diera Sekarang Ini?

pentingnya sertifikat

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung apakah dijaman seperti sekarang ini sertifikasi profesi masih dibutuhkan?, atau Apa untungnya jika kita memiliki sertifikasi proferesi dibandingkan dengan pekerjaan lain yang tidak bersertifikasi profesi? Baca jua : 5 Keuntungan memiiki sertifikat profesi

Pengertian Sertifikat Profesi

Sertifikasi profesi adalah salah satu cara yang digunakan dalam membangun struktur karir profesional dan pengembangan kualitas serta mutu pekerjaan/ profesi kita. Khususnya untuk Sumber daya manusia yang mana menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung produktivitas dan keunggulan kompetitif perusahaan. Baik untuk sekala lokal maupun internasional.

Tidak bisa dipungkiri, memang negara kita masih cukup rendah dari segi kualitas pekerja profesionalnya jika dibandingkan dengan negara sebelah
seperti  Malaysia, Singapura, Thailand apa lagi setelah dibukanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dimana tenaga kerja kita dituntut untuk bersaing dengan pekerja dari negara ASEAN.

MEA sendiri merupakan sistem perdagangan bebas antara negara-negara Asean. Dimana kawasan MEA mengharuskan membebaskan arus tenaga terampil dan juga bersertifikasi.

Apakah dengan gelar S1, S2, dan S3 sudah cukup?

Gelar tersebut mungkin sudah cukup jika digunakan untuk lingkungan akademik, tetapi untuk lingkungan kerja? tentu jawabannya kurang tepat.

Jadi apa yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja? 

Jawabannya adalah sertifikasi profesi. Ya, karena sertifikasi profesi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi terhadap seseorang untuk menunjukan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik.

Dimana saya bisa mendapatkan Serifikat Profesi?

Badan Nasional Sertifikasi Profesi disingkat (BNSP) adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Badan ini bekerja untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja.

Untuk mendapatkan sertifikat kompetensi ini dapat melalui LSP atau lembaga sertifikasi profesi dengan syarat LSP tersebut sudah mempunyai lisensi dari BNSP untuk melakukan pelatihan sekaligus sertifikasi anggota anggotanya
Contohnya LSPTTI, PSDM dan lain sebagainya. Contoh sertifikasi profesi dari LSPTTI bisa di cek di facebook kami di lsp-tti Petrocamp Cepu

Refferensi:
wikipedia
industri.co.id
neda.gov.ph
AADCP
Ir.I Made Dana M.Tangkas, M.Si.

Post a Comment

0 Comments