5 Keuntungan Memiliki Sertifikasi Profesi

Keuntungan memiki sertifikat profesi

Di era seperti sekarang, tuntutan lapangan pekerjaan yang kian sulit apa lagi telah dibukanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) dimana pekerja kita dituntut harus mampu bersaing dengan pekerja dari negara ASEAN. Oleh karena itu, selain bukti kemampuan akademik juga diperlukan bukti lain berupa sertifikasi profesi sesuai keahlian dan profesi yang kita geluti saat ini.

Dengan adanya sertifikasi profesi ini diharapkan tenaga kerja kususnya indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja profesional dari negara negara di MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sehingga kita tidak hanya menjadi pasar bagi tenaga kompeten negara lain, tetapi juga menjadi produsen untuk negara-negara yang tergabung dalam MEA.

Setidaknya kita dapat menjadi tuan dirumah kita sendiri, dengan adanya keterampilan dan juga bukti berupa sertifikasi profesi bukan tidak mungkin lagi kita dapat menjadi pekerja profesional untuk perusahaan yang ada di luar negeri seperti Malasyia, Singapura, dan lainnya sesuai dengan ketentuan Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Baca juga : Masih pentingkah sertifikat profesi diera sekarang?

BNSP
BNSP adalah salah satu lembaga yang dibentuk pemerintah untuk diberi tugas melakukan sertifikasi profesi adalah BNSP (Badan Nasional sertifikasi profesi).

Berikut ini adalah 5 keuntungan jika kalian mempunyai sertifikasi profesi Resmi dari BNSP :

1. Meyakinkan bahwasanya diri anda adalah pekerja yg sudah kompeten

                                       pentingnya sertifikat profesi

Dengan adanya sertifikasi profesi yang anda miliki, perusahaan akan lebih percaya bahwa anda sudah kompeten di bidang itu. Coba bayangkan jika pekerjaan anda memiliki resiko bahaya tinggi tidak akan mungkin perusahaan akan memilih orang tanpa memiliki keahlian sebelumnya. Itu sebabnya, meskipun kita ahli dibidang tersebut tetapi tidak memiliki sertifikasi tertulis maka perusahaan tidak akan percaya dan berfikir dua kali untuk merekrut anda dalam pekerjaan tersebut, terlebih lagi jika pekerjaan itu memiliki banyak potensi bahaya.

2. Memiliki akses untuk mengembangkan diri

pengembangan diri

Sertifikat kompetensi yang Anda miliki dapat diakui secara internasional. Hal ini dapat mempermudah Anda mengembangkan kemampuan ke tingkat yang lebih tinggi. Anda juga dapat memiliki peluang karier yang lebih baik di perusahaan karena kemampuan Anda dinilai lebih unggul dibandingkan pekerja yang lain.

3. Menambah produktivikas kerja

Menambah produktifitas kerja

Sertifikat kompetensi adalah bukti bahwa kinerja Anda sudah selevel dengan profesional. Sebelum melakukan ujian, lembaga sertifikasi mengadakan pelatihan terlebih dahulu bagi peserta sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam memberikan pekerjaan karena sudah dibekali sebelumnya di LSP sehingga produktivitas perusahaan lebih meningkat.

4. Sebagai promosi profesi

 
Sebagai promosi profesi

Dengan adanya sertifikasi BNSP berbasis kompetensi ini juga dapat digunakan untuk   mempromosikan profesi yg ditekuninya didunia industry ataupun pasar tenaga kerja. Sehingga mempermudah anda dalam mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian anda.

5. Mempermudah perusahaan menyaring bibit unggul

sertifikat profesi untuk bekerja

Jika anda sudah pernah mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikasi profesi. HRD perusahaan akan lebih mudah mengetahui pekerja tersebut sudah kompeten dibidang yang akan anda jalankan. Apalagi jika ada memiliki sertifikat kompetensi resmi dari BNSP. Hal itu menunjukkan bahwa keahliannya berada di atas rata-rata. Hanya perlu pengasahan secukupnya dan sedikit penyesuaian dengan budaya diperusahaannya tersebut.

Untuk info Pelatihan dan Sertifikasi BNSP bisa Cek di fanspage FB LSP-TII Petrocamp Cepu atau klik link ini lsp-tti Petrocamp Cepu

Berikut tadi adalah manfaat jika anda mengikuti pelatihan dan sertifikasi profesi. Mari terus belajar agar kemampuan yang anda miliki tidak sia-sia.

Masalah kompeten atau tidak itu dapat menjadi pertimbangan lain karena sesungguhnya tidak ada ruginya bila Anda mengikuti sertifikasi profesi. Semua juga demi karier yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments