Cita-cita jadi Freelancer? Coba Simak Dulu 5 Kesalahan Fatal Freelancer Pemula


kesalahan fatal freelancer

Berkarir sebagai freelancer semakin diminati anak muda akhir-akhir ini.
Buat teman-teman yang mau berkarir sebagai full-time freelancer. Saya akan membagikan 5 kesalahan fatal freelancer pemula yang harus kamu hindari.
Supaya tidak penasaran, langsung saja mari kita simak kesalahan-kesalahan fatal apa saja yang sering dilakukan freelancer pemula. Berikut ulasannya

1. Bingung mau menekuni bidang apa

Banyak yang pengen berkarir sebagai freelancer, tapi masih bingung mau menekuni bidang apa.

Freelancer memang pekerja lepas, tapi bukan berarti serabutan atau semuanya mau di kerjain. Anda harus fokus pada satu bidang yang benar-benar anda kuasai. Jika sekarang anda belum menguasai bidang apapun, cobalah untuk mencari satu bidang yang kamu sukai. Yang kamu rela meluangkan waktumu dan ejoy melakulannya. Kemudian pelajari dan asah terus skill kamu hingga mampu dan setidaknya menguasai bidang tersebut atau bahasa kerennya spesialis

2. Tidak bisa menemukan klien

Sebagai freelancer, kamu harus bisa benar-benar mandiri. Mandiri disini berarti mulai dari mencari klien, mengerjakan pekerjaan, mengurus pembayaran, dll. Itu semua harus dilakukan sendiri. Masalahnya, sebagai freelancer pemula biasanya banyak yang kesulitan mendapakan klien.

Padahal klien adalah elemen utama dalam dunia freelance. Gambaran mudahnya seperti ini, Jika anda tidak mendapatkan klien, anda tidak mendapatkan projek. Jika tidak mendapatkan projek, anda tidak akan mendapatkan pemasukan. Jika tidak mendapatkan pemasukan, maka secara otomatis anda akan game over alias tidak bisa bertahan dalam dunia freelance.

Jadi, selain belajar skill, anda juga harus mempelajari marketnya. Market dimana kamu bisa menemukan klien. Banyak sekali maktetplace atau situs-situs freelance yangg bisa mempertemukan freelancer dengan klien. Anda harus mau mempelajari itu semua. Baca juga : Daftar situs freelancer terbaik dan terpercaya

3. Tidak bisa berkomunikasi

Entah karna keseringan di depan komputer atau bagaimana, banyak sekali freelancer khususnya pemula yang tidak bisa berkomunikasi degan baik ketika berhadapan degan calon kliennya.

hal itu akan berdampak kepada keberlangsungan karir freelancer anda, mulai dari harga project rendah atau dibawah standard sampai batal mendapat project karena komunikasi yang kurang lancar, bahkan kerjaanpun tidak selesai-selesai karena kamu canggung atau sungkan.

Problem ini sebenarnya juga berkaitan dengan jam terbang. Semakin banyak anda berhadapan dengan klien, secara tidak langsung level komunikasi anda  lama-lama akan lebih lancar.

Tapi ada baiknya sebagai freelancer pemula, anda juga harus mau belajar dan banyak membaca buku tentang komunikasi. Jujur dulu saya juga malu-malu jika berkomunikasi dengan orang lain atau klien. Karna saya sadar hal itu berdampa buruk terhadap karir saya, akhirnya saya memaksakan diri untuk belajar berkounikasi.

4. Tidak disiplin terhadap waktu

Sebagai freelancer, anda memang tidak memiliki jam kerja yang pasti. Anda sendirilah yang harus menentukan kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya istirahat. Namun sering kali hal ini menjadi bumerang bagi freelancer pemula. Karena faktor keluwesan aktu itulah terkadang anda menjadi tidak displin terhadap waktu. Deadline kerjaan sering molor, waktunya kerja terbentur degan acara lain, dllnya..

Tentu ini akan menimbukan efek buruk terhadap karir anda sebagai freelancer. So, untukanda yang ingin serius menjadi full-time freelancer, anda harus bisa displin waktu mulai dari sekarang.

5. Berhenti belajar hal baru/ ilmu baru

Biasanya ketika anda sudah mulai mendapatkan project atau orderan dan mulai mendapatkan uang.. anda akan mulai masuk kembali ke zona nyaman.

Nah, sering kali ketika orang mulai masuk ke zona nyaman, dia akan berhenti belajar. Efeknya karir anda didunia freelance akan stagnan atau berhenti disitu aja.  Kamu akan tertinggal jauh degan freelancer lain. Sampai sekarang Saya masih sering ikut workshop, beli buku, beli ecourse dll. Saya punya prinsip. bahwa,

besarnya penghasilan akan selalu berbanding lurus dengan besarnya kapasitas keilmuan yang dimiiki. Jadi, untuk memperbesar pendapatan, perbesar pula kapasitas keilmuan Anda.

Nah, sampai disini saja artikel tentang 5 kesalahan fatal yang harus kamu hindari sebagai freelancer pemula atau full-time freelancer. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments