Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Napas pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sesak Napas saat hamil
Pada masa kehamilan dari hari kehari pasti ibu hamil merasakan perubahan pada tubuhnya. Mulai dari cepat lelah, mudah gelisah, mual, perut yang semakin membesar dan sebagainya. Tahukah Anda, bahwa perut yang semakin membesar pada ibu hamil dapat mengakibatkan berbagai gangguan kehamilan. Salah satunya gangguan pada sistem pernafasan yang mengakibatkan ibu hamil sering mengalami sesak napas. Berikut adalah ulasannya :

Penyebab Sesak Napas yang Sering Dialami Ibu Hamil


Sebagian besar ibu hamil akan mengalami sesak napas pada trimester pertama atau trimester ketiga. Karena ketidak nyamanan yang dirasakan ibu hamil, Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa akan menyebabkan kehidupan didalam kandungan terancam. Namun, sebenarnya dalam hal tersebut wajar terjadi dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Kondisi ini bisa kembali normal dan tidak membahayakan bagi janin yang berada didalam kandungan apabila ibu hamil atau orang yang disekitarnya tidak panik. Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan kondisi sesak napas pada ibu hamil :

  • Pertumbuhan Janin dalam Rahim. Membesarnya perut tiap waktu menunjukkan bahwa semakin bertambahnya ukuran janin yang ada didalamnya. hal ini, dapat menyebabkan diafragma mengalami tekanan. Sedangkan kita ketahui bahwa diafragma merupakan salah satu alat pernapasan yang ada pada tubuh manusia. Jika ini terganggu, maka sistem kerja pernapasan juga akan terganggu.
  • Meningkatnya Hormon Progesteron. Selama masa kehamilan, hormon progesteron menstimulasi pusat pernapasan dalam otak. Sehingga, membuat ibu hamil bernapas lebih cepat daripada orang normal (tidak hamil).

Selain karena kondisi diatas sesak napas pada saat kehamilan juga dapat disebabkan oleh faktor kesehatan ibu, yaitu:
  • Penyakit Asma
  • Anemia (tekanan darah rendah). Terlalu banyak aktivitas yang dilakukan ibu hamil terutama saat hamil besar memungkinkan tubuh menjadi capek dan lemah. Sehingga napas akan menjadi sedikit berat. Kondisi tersebut juga bisa terjadi pada ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit anemia.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi). Tekanan darah ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan yang drastis. Karena perubahan tersebut, hormon emosional ibu hamil juga akan mengalami peningkatan. Hal itu bisa mendasari terjadinya sesak napas.
  • Emboli paru. Emboli paru adalah bekuan darah yang mengalir ke paru-paru, selama masa kehamilan aliran bekuan darah pada tubuh tersebut mampu mengalami perubahan.

Cara Mengatasi Sesak Napas saat Hamil


Berikut cara mudah dan sederhana untuk mengatasi sesak napas saat hamil. Bisa Anda lakukan namun, sesuai dengan prosedurnya :

  1. Mengonsumsi makan dan minuman sehat.
  2. Olahraga ringan secara teratur.
  3. Hindari minuman beralkohol, bersoda dan berkafein.
  4. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
  5. Melakukan relaksasi (yoga) khusus ibu hamil
  6. Jangan terlalu banyak melakukan aktifitas berat


Itulah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sesak napas pada ibu hamil. Apabila sesak napas yang Anda alami tidak seperti biasanya, lebih baik Anda segera melakukan pemeriksaan dokter. Semoga Bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments