Setidaknya, belakangan ini ada peraturan terbaru yang diluncurkan Google Adsense agar transparansi penayangan iklan menjadi lebih jelas, yaitu pemberlakuan Ads.txt bagi mereka para publiser yang menggunakan adsense.

Apa itu Ads.txt ?

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt, merupakan inisiatif dari IAB untuk melakukan penyempurnaan transparansi pada iklan terprogram. Pubisher dapat membuat ads.txt sendiri untuk mengidentifikasi penjual yang diizinkan untuk menjual inventarisnya.

Sebenarnya penggunaan ads.txt bersifat sunah atau tidak wajib, namun sangat disarankan. Ads.txt dapat membantu Anda untuk melindungi merek dari inventaris palsu baik yang berasal dari domain, aplikasi, atau video tertentu

Akibat dari pembaharuan itu banyak pengguna adsense yang mendapatkan peringatan Penghasilan beseriko seperti dibawah ini :

"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."
 atau

"Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt ?

Jika Anda mendapat pesan peringatan diatas alangkah baiknya Anda segera mengaktifkan Ads.txt karena akan berdampak pada penghasilan anda kedepannya. Berikut adalah cara mengaktifkan Ads.txt :

  1. Masuk ke Dashboard Blogger
  2. Pergi kebagian Setelan > Preferensi penelusuran.
  3. Lihat di bagian Monetisasi, Klik editAktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya 
    Cara mengaktifkan ads.txt
  4. Pada kotak kosong diisi dengan kode berikut ini :
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

  1. Ganti kode pub-0000000000000000 dengan id penayangan akun adsense Anda.
  2. Terakhir Simpan perubahan

Bagaimana Cara Mengetahui Id Penayangan AdSense?

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah Login ke akun AdSense milik Anda
  2. Masuk ke menu Akun > Setelan > Informasi Akun 
    Cara mengaktifkan ads.txt

Bisa saja penyebab iklan AdSense Anda tidak muncul di blog karena Anda belum memasang Ads.text ini. Itulah ulasan tentang cara mudah mengaktifkan Ads.text di Blogger. Jika ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan dikolom komentar. Semoga Bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post