cara mencegah bom klik

Bom klik iklan Adsense yang dilakukan oleh orang lain terhadap blog kita menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi para blogger. Terutama bagi mereka yang mengandalkan penghasilan dari nge-blog untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bagaimana tidak, salah satu penyemangat para blogger adalah memiliki blog yang sudah terdaftar dan menayangkan iklan Adsense. Sebenarnya, bom klik adalah hal yang wajar terjadi. Terlebih ketika blog Anda sedang melejit pasti akan ada orang yang iseng atau bahkan tidak suka dengan hal itu.

Jika itu terjadi tentunya akan sangat berdampak pada akun Adsense milik Anda. Kemungkinan besar akun Anda akan di suspend oleh Google sehingga tidak dapat menayangkan iklan untuk sementara waktu bahkan selamanya (banned).

Sebelum itu terjadi pada Anda lebih baik simak ulasan berikut sampai habis.

Apa itu Bom Klik?

Bom klik adalah klik yang dilakukan berulangkali dengan jumlah puluhan atau bahkan ribuan klik yang berasal dari 1 IP komputer pengguna dan terjadi dalam kurun waktu yang singkat sehingga melebihi rasio klik tayang (RKT) iklan yang telah diperhitungkan oleh Google AdSense. Baca juga : Apa itu RKT ?

Mengapa Fenomena Bom Klik dapat Terjadi?

Bom klik sering terjadi karena adanya pihak ketiga yang tidak suka keberadaan blog kita atau karena kesalahan yang kita lakukan sendiri dengan mengajak saudara melakukan klik iklan sebanyak mungkin atau malah ada orang yang terlalu baik kepada kita lalu melakukan klik berlebih agar kita mendapatkan keuntungan besar.

Misalnya seperti ini. Anda adalah seorang blogger sekaligus pimpinan sebuah perusahan yang memiliki karyawan ratusan, lalu setiap pagi Anda mewajibkan tiap karyawan melakukan klik iklan pada blog milik Anda dengan harapan mampu mendongkrak penghasilan Adsense Anda.

Pada kasus tersebut memang Anda akan mendapatkan jumlah klik yang melimpah namun dianggap tidak wajar (pelanggaran) oleh Google karena melebihi batas wajar. Bukan keuntungan yang didapat malahan akun Adsense Anda terancam suspend bahkan banned permanen dikemudian hari.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Bom Klik?

Pada umumnya fenomena bom klik terjadi akibat pergesekan sosial antar blogger, melakukan klik iklan sendiri, dan adanya pihak ketiga yang jahil.

Berikut adalah cara mencegah terjadinya bom klik iklan Adsense :

1. Bersikap baik dan ramah terhadap sesama blogger 

"Kebaikan akan dibalas kebaikan". Pastinya Anda pernah mendengar kalimat itu. Ya, memang kalimat tersebut terkesan biasa, namun itu merupakan suatu hal yang pasti terjadi. Bersikap baiklah kepada sesama blogger dan orang yang ada di sekitar Anda. Sehingga mereka akan senantiasa menghormati dan menghargai Anda.

Dengan begitu kemungkinan rasa dendam atau iri dari orang lain akan sedikit demi sedikit hilang. Terlebih disaat blog Anda sedang naik daun, itu akan menjauhkan dari terjadinya bom klik.

2. Hindari pamer penghasilan Adsense 

Anda boleh saja menyebar luaskan keberhasilan Anda dalam membangun sebuah blog di berbagai media sosial, tapi perlu diingat Anda tidak mengenal dengan baik teman Anda di media sosial. Ketika Anda memperlihatkan jumlah klik atau pendapatan Adsense di media sosial dengan maksud pamer tidak dipungkiri akan mengundang iri hati blogger lain yang akan mengakibatkan terjadinya bom klik.

3. Memasang script anti bom klik

Selain dua hal diatas ada satu langkah jitu yang patut Anda coba untuk mencegah terjadinya bom klik, yaitu memasang script anti bom klik. Berikut adalah cara memasangnya :

  • Pertama, silahkan loging ke akun Blogger
  • Pilih Tema > Edit HTML, selanjutnya cari kode </body>. Jika sudah ketemu letakkan script dibawah ini tepat diatasnya
<script src='https://cdn.rawgit.com/Indzign/InSEO/8518cbe0/antiboomclick.js'/>
  • Terakhir, simpan Template

Namun, jika blog Anda memiliki trafik organik yang tinggi, kemungkinan akan selamat dari banned walaupun terjadi bom klik. Itulah beberapa cara untuk mencegah bom klik pada iklan Adsense

Post a Comment

Previous Post Next Post