apa itu rkt

Jika Anda pemain Adsense lama pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah RKT atau rasio klik tayang. Namun, berbeda dengan Anda yang baru terjun dan mempelajari dunia Adsense.

Diantara bermacam istilah singkatan yang terdapat dalam Adsense. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai apa itu RKT dan fungsinya. Ini sangat penting untuk anda ketahui demi menjaga keamanan dan kelangsungan akun Adsense Anda kedepannya.

Apa itu RKT ? 

Sesuai dengan singkatannya RKT adalah rasio klik tayangan. Dimana ia menunjukkan metrik pengukuran Google Adsense atau dalam kata lain presentase jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan iklan.

Jika tampilan iklan pada blog anda hanya sedikit tapi jumlah klik iklannya tinggi maka akan dengan cepat menaikan RKT Laman adsense. Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan laman, dengan demikian RKT laman Anda adalah 0,8%. (2 / 250 = 0,8%)

Kenapa RKT Harus Rendah?

RKT laman yang tinggi menunjukkan bahwa Anda memiliki pengunjung blog dengan melakukan klik iklan tinggi. Hal tersebut akan membuat penghasilan adsense Anda semakin meningkat. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa RKT laman yang terlalu tinggi bisa berakibat buruk terhadap akun anda. Berikut adalah ulasan kenapa RKT adsense harus selalu rendah :

  1. RKT laman menjadi tolak ukur terhadap kinerja publisher adsense.
  2. Jika RKT Anda tinggi secara tidak wajar, Google akan menganggap anda melakukan spam.
  3. Pihak google selalu mengawasi invalid klik
  4. Untuk menghindari kecurangan yang berdampak pinalti.
  5. RKT yang tinggi akan menyebabkan Bayar per Klik (BPK) Anda menjadi rendah.

Misal, Anda mengelola blog dengan pengunjung perhari kurang dari 100, kemudian Anda mendapat jumlah klik iklan 60 kali. Jika dipikir secara logis hal itu masih wajar namun dari pihak Google akan menanggapnya sebagai spam jika hal itu terjadi berulang-ulang akun Anda akan di suspend bahkan di banned oleh Google.

Cara Menurunkan RKT

RKT yang baik adalah dibawah 10%. Sebaiknya mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati serta menghindari kecurangan secara pribadi (melakukan klik iklan sendiri) apabila akun anda tidak ingin di banned. Berikut adalah ulasan cara menurunkan rkt :

  1. Cara paling ampuh menurunkan RKT adalah dengan cara meningkatkan trafik organik. Semakin banyak pengunjung yang datang maka jumlah tampilan (pageview) akan meningkat. Dengan begitu akan membuat rasio klik tayang iklan menjadi lebih stabil dan aman. Baca juga : Cara meningkatkan pengunjung blog
  2. Jangan melakukan kecurangan dengan mengeklik iklan sendiri
  3. Melakukan optimasi iklan yang lebih relevan.
  4. Kemungkinan besar hal ini bisa juga disebabkan karena pengunjung mengklik iklan tapi langsung menutupnya.
  5. Untuk menghindari invalid klik sebaiknya Anda memasang script anti bom klik. Agar terhindar dari resiko pelanggaran yang disebabkan oleh pengunjung yang nakal. Baca juga : Cara mencegah bom klik iklan adsense di blog

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu RKT dan beberapa tips menurunkan persentase RKT. Saya sarankan jangan pernah melakukan klik iklan sendiri karena akan mengakibatkan akun adsense Anda terkena banned. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post