Tips Membuat Kalimat Pembuka Artikel Blog yang benar

Membuat kalimat pembuka artikel
Salah satu kendala dalam menulis artikel adalah menentukan kalimat pembuka yang cocok, meski nampak simpel kenyataanya mampu membuat para blogger kebingungan. Mungkin Anda termasuk diantaranya?

Memang kalimat pembuka menjadi momok penting untuk sebuah artikel. Bagaimana tidak, semakin menarik kalimat pembuka maka akan membuat pembaca semakin tertarik untuk mendalami isi artikel Anda. Tidak hanya itu, kalimat pembuka juga sangat mempengaruhi rating SEO blog Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat kalimat pembuka artikel blog yang benar?


1. Awali dengan sebuah pertanyaan


Tips pertama adalah menyodorkan pertanyaan kepada pembaca sebelum masuk ke pokok permasalahan. Selain mampu menimbulkan efek penasaran, pertanyaan diawal Artikel juga membuat tulisan Anda lebih interaktif dan mampu meyakinkan bahwa pembahasan akan mecahkan masalah yang sedang dialami pembaca

Sebagai Contoh :

Apakah Anda tahu olahraga pagi ternyata mampu menyehatkan organ jantung? yaa salah satunya adalah olahraga lari. Lari dipagi hari sangat dianjurkan oleh beberapa ahli jantung........ (dst.)

2. Awali dengan kalimat yang bisa membuka pikiran pembaca


Kalimat pembuka pikiran sangat cocok untuk menarik rasa penasaran mereka apalagi jika disandingkan dengan fakta dan data. Sebenarnya ada banyak kalimat yang bisa kita pakai, berikut saya contohkan beberapa kalimat tersebut :
  • Apa jadinya.....
  • Anda harus tahu.... 
  • Coba bayangkan.....
  • Pernahkah Anda....
  • dst.
Dalam contoh penerapannya seperti berikut :

Anda harus tahu bahwa 9 dari 10 blogger sering mengalami rasa malas saat hendak menulis artikel blog. Hal tersebut biasa dialami oleh blogger karena rasa syok setelah melihat trafik turun drastis..... (dst)

3. Awali dengan penjelasan judul


Cara berikut ini lazim kita temui dibeberapa Artikel blog milik orang lain, karena dari sekian cara, penjelasan topik (to-the-point) merupakan cara paling mudah untuk dilakukan

Misalnya topik tentang game Mobile Lagend 

Mobile Legends adalah sebuah permainan piranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.

4. Awali dengan mengungkapkan fakta


Tips keempat juga termasuk cara yang sering dipakai banyak blogger. Cara seperti ini dapat meyakinkan pembaca bahwa artikel Anda tidak asal-asalan tapi didukung oleh fakta dan data yang dapat dipercaya.

Sebagai Contoh :

Menurut para ahli, Teori merupakan sebuah sistem konsep abstrak yang mengindikasikan adanya hubungan diantara konsep-konsep tersebut yang membantu kita memahami sebuah fenomena. Yang sehingga dapat dikatakan bahwa suatu teori ialah suatu kerangka kerja konseptual untuk mengatur pengetahuan dan menyediakan suatu cetak biru untuk melakukan beberapa tindakan selanjutnya.

5. Menjelaskan latar belakang topik


Tips terakhir dari saya cukup berat namum mampu membantu Anda jika kehabisan stok kalimat pembuka Artikel.

Latar belakang topik/ permasalahan biasanya tidak terlepas dari judul atau inti artikel. Cara ini terfokus pada inti artikel lalu dijabarkan oleh beberapa kalimat penjelas dan fakta-fakta yang mendukung.

Biasanya cara ini memiliki 3 tahapan :
  • Tahap 1 : Menjelaskan gambaran masalah 
  • Tahap 2 : Menyajikan data dan fakta pendukung
  • Tahap 3 : Memberikan solusi terhadap masalah
Sebagai Contoh :

Gagal dalam dunia bisnis sering dialami beberapa orang didunia. Salah satu penyebab kegagalan dalam dunia bisnis adalah ketidak siapan metal terhadap dunia global. Mulai dari gaptek, tidak mengetahui peluang pasar, ilmu bisnis yang belum mumpuni, hingga tidak adanya keseriusan dalam berbisbis. Walaupun terlihat sulit namun jika ditelateni dengan serius bisnis akan berjalan lancar.
Nah, itulah beberapa tips membuat kalimat pembuka artikel blog yang benar. Perlu diingat untuk meningkatkan performa SEO blog dan menjadi nilai tambah di mesin pencarian. usahakan dalam kalimat pembukaan disematkan kata kunci.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Post a Comment

0 Comments