Memahami Apa itu SEO

Apa itu seo

Tak sedikit dari kalian yang masih sering bertanya-tanya Apa itu SEO ?

Kalau Anda pernah mencari sebuah artikel di google, yahoo, bing, yandex dan lainnya mungkin Anda akan menemukan beberapa Artikel pada halaman pertama. Nah, secara pemahaman itulah yang dinamakan SEO.

Jika Anda seorang blogger. SEO adalah salah satu materi yang wajib dipelajari blogger pemula.

Pengertian SEO


SEO merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian misalnya Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Munculnya situs kita dalam mesin pencarian tentunya akan mendapatkan visitor yang lebih banyak, dengan banyaknya visitor kemungkinan besar produk kita akan laku dan laris.

SEO sendiri ada 2 jenis, On Page dan Off Page. SEO On Page adalah upaya mendapatkan ranking di mesin pencari dengan mengoptimalkan performa pada bagian/struktur halaman itu sendiri.

Sedangkan, SEO Off Page adalah optimalisasi dilakukan dari luar halaman yang akan mendukung eksistensi halaman utama, bisa berupa backlink, social share dan lainnya.


Bagaimana SEO Bekerja?


Secara teknis, Google memiliki semacam mekanisme mesin bernama ‘crawler’. Kerjanya untuk menggali informasi sesuai dengan request dari pembaca.

Kalau misalkan ada orang ingin mencari "Tips SEO" di Google. Lalu, mengetikkan "Tips ampuh SEO", maka crawler tersebut akan mencari informasi yang paling cepat untuk ditemukan di permukaan supaya orang tersebut bisa mendapatkan Artikel yang dimaksudkan.

Nah, cara SEO bekerja adalah dengan cara membuat situs Anda bisa muncul ke permukaan dan dengan cepat ditemukan oleh crawler Google.




Mengapa SEO Penting untuk Website?


Internet merupakan dunia yang sangat luas. Konten informasi yang dibagikan bisa dibilang tak terhitung jumlahnya. Terlebih lagi persaingan antar website yang makin hari makin ketat.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.

Itu menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda. Dengan bantuan SEO website anda akan dengan mudah kedatangan visitor.


Konsep Dasar SEO


Sebenarnya konsep dasar SEO sesimpel "Apa yang kita cari di mesin pencari adalah apa yang kita inginkan".

Mesin pencari seperti Google hanyalah sebuah produk perusahaan. Mereka ingin penggunanya merasa puas menggunakan layanan mereka.

Dimana para pengguna menginginkan supaya apa yang mereka cari terdapat di Google tentunya dengan informasi yang akurat dan relevan. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.


Apakah Saya Bisa Melakukan Optimasi SEO Secara Mandiri?


Tentu saja bisa. Setalah informasi diatas anda baca mungkin sempat terlintas bahwa "SEO merupakan sesuatu yang rumit".

Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, anda sebenarnya tidak perlu pusing memikirkan SEO.

Ada beberapa elemen utama yang harus Anda lalukan dalam SEO, elemen ini yang akan menentukan seberapa baik website anda secara SEO. 
  1. Mengoptimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menganalisa kompetisi
  4. Membuat konten yang teroptimasi
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO

Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Post a Comment

0 Comments